UMKM Didorong Terjun ke Bisnis Online

0
84

PAYAKUMBUH, KP – PT Telkom Indonesia menyalurkan bantuan dua set komputer dalam program Kampung UKM Digital melalui Dinas Koperasi UMKM. Dua unit komputer tersebut diserahkan Kepala Dinas Koperasi UMKM, Dahler, kepada Ketua Asosiasi Rendang Payakumbuh, Haris Budiman, di Gedung Pondok Promosi Industri Ngalau Indah, Kamis (12/1).

Dari dua set komputer itu, satu set diperuntukkan bagi Pondok PromosiUPTD Pondok Promosi, dan satu set lagi untuk Sekretariat Kampung Rendang Payakumbuh, di Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori.

Usai penyerahan komputer, Dahler langsung memimpin diskusi untuk berjualan secara online kepada pelaku UMKM karena fasilitasnya sudah diberikan oleh PT Telkom.

“Bantuan komputer ini diberikan untuk menggenjot perkembangan UMKM agar bisa bersaing dengan UKM lain di era digital. Para pelaku UKM diharapkan bisa memasarkan produk-produk mereka melalui media internet. Sehingga, produksi UKM Payakumbuh tidak hanya dikenal di daerah sendiri, namun bisa mencapai pasar nasional dan internasional,” ulasnya.

Menurut Dahler, peluang bisnis online semakin menjanjikan bagi seluruh pelaku usaha. Karena dapat menghemat biaya sewa tempat berjualan dan juga menghemat karyawan. Terpenting, usaha online dapat diakses dari manapun dan kapanpun tanpa terbatas ruang dan waktu.

“Kampung Rendang Payakumbuh di Sungai Durian bisa semakin terkenal di dunia lewat akses internet. Tinggal lagi bagaimana asosiasi rendang memelihara dan meningkatkan mutu serta pelayanan kepada konsumen. Selain itu, seluruh pelaku usaha diharapkan tidak berkompetisi dalam soal harga karena akan merusak citra usaha ini,” paparnya. (dho)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY