Cegah Sawah Gagal Panen, Distan Dharmasraya Bantu Pompa Air

0
222
KEPALA Dinas Pertanian Dharmasraya, Darisman, beserta rombongan meninjau lokasi sawah di Kenagarian Taratak Tinggi, Kecamatan Timpeh, yang mengalami kekeringan dan terancam gagal panen, Jumat lalu (13/1). Untuk mengatasi hal tersebut, Dinas Pertanian membantu petani dengan pompa air. HUMAS

PULAUPUNJUNG, KP – Ratusan hektar sawah di Kenagarian Taratak Tinggi, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya mengalami kekeringan dan terancam gagal panen. Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Pertanian Dharmasraya, Darisman, beserta rombongan meninjau lokasi sawah yang mengalami kekeringan itu, Jumat lalu (13/1).

Walinagari Taratak Tinggi, Ahmad Sadar, kemarin, menyebutkan dari peninjauan itu didapatkan solusi dengan mendatangkan pompa air agar sawah yang ada bisa dialiri air. Tak hanya itu, Kadis Pertanian juga memberikan bantuan uang pribadi untuk biaya operasional selama 10 hari ke depan.

“Warga sangat berterimakasih dengan sikap cepat tanggap yang dilakukan Pak Kadis,” jelasnya.

Walinagari dua periode itu mengatakan bahwa masyarakat juga dijanjikan bantuan bibit sawit gratis sekitar Bulai Mei mendatang.

Kadis Pertanian, Darisman, saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Menurutnya, dia turun ke lapangan setelah mendapat laporan dari warga bahwa ada ratusan sawah yang mengalami kekeringan karena tidak adanya air.

“Kita melihat langsung ke lapangan. Masalah ini harus segera diselesaikan, kalau tidak ratusan sawah akan gagal panen. Alhamdulillah, dalam 1-2 hari ini pompa air akan kita berikan kepada petani,” tegasnya.

Mantan Kadis Kehutanan dan Perkebunan itu menambahkan pada tahun ini, pihaknya akan menganggarkan pembuatan saluran tersier dan pembuatan embung yang lebih besar lagi untuk menampung air guna mengairi persawahan. Sehingga, sawah petani tidak lagi mengalami kekeringan meski di musim kemarau. (ak/*)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY