Sempat Melawan, Lima Tersangka Pengedar Narkoba Berhasil Digulung

0
209
TIGA dari lima tersangka pengedar sabu-sabu dan ekstasi tertunduk saat diamankan petugas di Mapolresta Padang, Sabtu (14/1). IWA

PADANG, KP – Sempat melakukan perlawanan dengan senjata tajam, Antonius Zamora alias Anton (40) akhirnya tidak berkutik saat diamankan tim Opsnal Satresnarkoba Polresta Padang. Tersangka penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu itu diringkus petugas bersama dua rekannya Teguh Hariyanto (28) dan Defris Aperta (30), di kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Jati, Kecamatan Padang timur, Jumat (13/1) sekitar pukul 18.00 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun KORAN PADANG, penangkapan Anton cs yang dipimpin Kasat Narkoba Polresta Padang, Kompol Daeng Rahman itu berawal dari hasil penyelidikan yang dilakukan petugas dan berhasil mengantongi identitas tersangka. Petugas kemudian melakukan pengintaian dengan melacak keberadaan tersangka yang saat itu berada di salah satu warung di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Tanpa membuang waktu, petugas langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka.

Ternyata, gerak-gerik petugas diketahui tersangka. Tersangka yang tidak mau kalah dengan petugas melakukan perlawanan mengunakan senjata tajam. Namun, perlawanan itu hanya berlangsung singkat berkat kesigapan anggota Satresnarkoba Polresta Padang.
Anton bersama rekannya berhasil dilumpuhkan dan kemudian diamankan pertugas. Masya- rakat yang menyaksikan penangkapan tersebut langsung memadati TKP. Satuan Shabara Polresta Padang kemudian diturunkan untuk mensterilkan TKP dari ba- nyaknya kerumunan masyarakat.

Disaksikan masyarakat sekitar, petugas memanggil ketua RW setempat untuk melakukan penggeledahan. Alhasil, dari penggeledahan itu petugas mendapati ba- rang bukti (BB) berupa empat paket sabu-sabu beserta alat untuk mengonsumi ba- rang haram tersebut.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chai- rul Aziz, melalui Kasat Narkoba, Kompol Daeng Rahman, kemarin, menjelaskan para tersangka bersama barang bukti diaman- kan di Mapolresta guna pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, pihaknya juga akan mela- kukan pengembangan terkait jaringan tersangka.

“Walau sempat melakukan perlawan- an dengan senjata tajam namun kita ber- hasil meringkus tersangka. Mereka telah lama diintai dan masuk target operasi (TO),” terang Daeng Rahman.

Dua Tersangka Lain
Sehari pasca-penggerebekan Anton Cs, Satresnarkoba Polresta Padang kembali melakukan penangkapan terhadap para pengedar narkoba. Kali ini petugas kembali meringkus dua tersangka narkoba je- nis sabu-sabu dan ekstasi, yaitu Doni Nofri (37) dan Arif Pratama (24). mereka diamankan Satresnarkoba di kawasan Aur Duri, Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur, Sabtu sore (14/1) pukul 17.00 WIB.

“Dari penangkapan kedua tersangka ini kita mengamankan lima paket sabu-sabu dan sembilan butir pil ekstasi. Tersangka merupakan resedivis dengan kasus yang sama dan masuk TO kita juga,” tambah Daeng Rahman.

Dijelaskannya, dalam penangkapan itu pihaknya memakai tekni pembelian terselubung dengan menyamar sebagai pembeli. Namun, tesangka yang mengetahui telah bertransaksi dengan polisi sempat berupaya melarikan diri. Aksi kejar-kejaran pun terjadi. Namun berkat kesigapan anggota, pelaku berhasil diring- kus. Daeng Rahman menegaskan, para tersangka akan dikenakan Undang-undang narkotika nomor 35 tahun 2009 dengan pasal 112 juncto 114 ancaman 5-20 tahun penjara. (iwa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY