Ratusan Lampion Terangi Kawasan Pondok

0
120
KELENTENG See Hin Kiong dipasangi lampion dalam rangka menyambut tahun abru Imlek 2568, Kamis (26/1). BOBBY FEBRIANDA

PADANG, KP – Jelang tahun baru Imlek, Sabtu besok (28/1), warga keturunan Tionghoa di Padang sudah banyak memberi hiasan di rumahnya maupun di kelenteng dengan bermacam atribut, seperti lampion yang jumlah diperkirakan mencapai ratusan. Hal itu terlihat di Kawasan Pondok, Kota Padang, termasuk di Kelenteng See Hin Kiong.

Humas Kelenteng See Hin Kiong, Chandra Lie, mengatakan malam puncak penyambutan tahun baru Imlek 2568 akan dilaksanakan Jumat malam (27/1), pukul 24.00 WIB di eklenteng tersebut, sekaligus pergantian tahun.

“Kita berharap tahun baru ini lebih baik dari tahun kemarin. Satu hari menjelang tahun baru Imlek, kita akan menggelar sembahyang untuk arwah para leluhur,”ujarnya, Kamis (26/1).
Dijelaskannya, warga sangat antusias merayakan kedatangan tahun baru yang kali ini merupakan tahun Ayam Api.

“Pada tahun ayam api ini, kita harus bekerja ekstra keras dan bersabar untuk mencapai tujuan yang diinginkan,” tukasnya.

Lampion Hiasi Klenteng See Hin Kiong
Sebanyak 300 lampion telah menghiasi Kelenteng See Hin Kiong dalam rangka menyambut perayaan tahun baru Imlek atau Sin Cia 2568.

Humas Kelenteng See Hin Kiong, Chandra Lie, mengatakan pemasangan lampu lampion tersebut merupakan tradisi setiap tahun. Lampion tersebut telah dipasang 15 hari sebelum tahun baru Imlek dan akan berakhir 15 hari setelah Imlek yang disambut dengan perayaan Cap Go Meh.

“Lampion tersebut merupakan sumbangan umat Tionghoa yang mempunyai niat baik dan sukarela dengan tujuan mendapatkan kebaikan, kesehatan, kelancaran usaha, dan dijauhkan dari segala keburukan. Ini merupakan tradisi sejak dulunya dalam menyambut musim semi. Nama penyumbang ikut dipasang di lampion tersebut,” pungkasnya. (bob)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY