Dorong Ekonomi Kerakyatan Lewat Home Industri

0
150
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat membatik di Bukit Mendawa Kenagarian Sikabau Kabupaten Dharmasraya, Kamis (26/1). HUMAS

DHARMASRAYA, KP – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengunjungi pengrajin batik tanah liek yang ada di Kenagarian Sungai Duo dan Kenagarian Sikabau Bukit Mendawa serta melihat langsung oleh-oleh khas Dharmasraya Keripik Tempe Matahari yang ada di Blok D Sitiung Kecamatan Koto Baru, Kamis (26/1).

Bupati juga didampingi Staf Ahli Perekonomian dan Pembangunan Dharmasraya, Adlisman, Kadis Koperasi, UMKM dan Perdagangan, Zubrizal, Kabag Humas Pemkab Dharmasraya, Atrizal bersama Camat dan staf OPD lainnya

Bupati Dharmasraya disela-sela kunjungan mengatakan, Batik Tanah Liek dan Keripik Tempe ini merupakan produk andalan khas dari Kabupaten Dharmasraya selain Batu Akik Sungai Dareh.

“Saat ini kita tengah mendorong ekonomi kerakyatan melalui UMKM dibawah binaan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan guna menghidupkan kembali home industri untuk meningkatkan dan memperkuat ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Seperti pembuatan kripik tempe khas Dharmasraya saja, kata Bupati bisa menghasilkan jutaan rupiah perhari dan bisa mengaji pegawai hingga 10 orang.

“Ini sangat luar biasa, kalau masing – masing keluarga di Dharmasraya bisa berinovasi untuk membuat makanan khas Dharmasraya atau yang lainnya, tentu akan kita dorong, dan secara ekonomi sangat membantu untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” jelasnya.

Disampig itu, untuk Batik Tanah Liek, pemerintah sudah mewajibkan bagi PNS untuk memakai batik Dharmasraya. “Kedepan kita akan mendorong seluruh intansi, sekolah, swasta untuk membudayakan memakai pakaian Batik Liek Dharmasraya,” tegasnya.

Ia menambahkan, bentuk dukungan yang telah dilakukan pemerintah melalui dinas terkait diantaranya, memberikan pembinaan, memberikan pelatihan serta bantuan modal kepada pelaku usaha UMKM.

“Kegiatan ini, akan kita dukung terus, sehingga di Dharmasraya kedepan akan ada kampung batik, serta home industri untuk berbagai macam makananan khas Dharmasraya, oleh-oleh Dharmasraya dan lainnya,” pungkasnya. (mas)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY