Kepala BLH Bukittinggi Inspeksi ‘Pasukan Kuning’

0
295
KEPALA Badan Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi, Supadria, menyaksikan petugas kebersihan di Jalan Sudirman, Kamis (26/1). ALSURAU

BUKITTINGGI, KP – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bukittinggi, Supadria, melakukan inspeksi kinerja petugas kebersihan atau biasa disebut ‘pasukan kuning’ di sepanjang Jalan Sudirman, Kamis (26/1).

Menurutnya, jalan utama itu harus terlihat bersih karena sering dilalui para tamu dan pengunjung yang datang ke Kota Jam Gadang. Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya telah menutup tempat pembuangan sampah sementara di Simpang Capella, Birugo. Sebab, tempat pembuangan sampah di Simpang Capella itu sangat menganggu dan merusak keindahan kota.

“Sejak Senin lalu (23/1) sudah ditutup dan masyarakat tidak diperbolehkan membuang sampah di area itu. Sebagai gantinya, dioperasikan becak motor yang menunggu sampah warga hingga pukul 06.00 WIB. Ada sekitar 24 betor yang disebar pada beberapa titik untuk mengtasi persoalan sampah warga,” papar Supadria.

Dia mengakui banyak warga yang membuang sampah di luar jadwal yang telah ditentukan. Ada warga yang membuang sampah setelah petugas meninggalkan lokasi itu. Jadi, dia mengimbau warga untuk ikut bersama-sama menjaga kebersihan kota, termasuk dengan membuang sampah pada jam yang telah ditentukan.

Salah seorang tokoh masyarakat Birugo, Yulius, mengapresiasi langkah yang dilakukan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi itu.

“Pejabat harus seperti itu, jangan terlena duduk di belakang meja saja. Tetapi harus melakukan blusukan dan patroli untuk mengetahui kondisi yang sesungguhnya dari tupoksi yang dibebankan kepadanya. Apa yang dilakukan Pak Supadria sudah tepat. Tapi, juga harus diikuti dengan menyerap aspirasi warga dalam menangani masalah sampah dan lingkungan di kota ini,” ulasnya. (als)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY