BUAT BANK SAMPAH HINGGA GREEN HOUSE | MAN 3 Padang Siap Hadapi Penilaian Adiwiyata Provinsi

0
153
Dalam rangka menegaskan keberadaan madrasah di tengah-tengah masyarakat, MAN 3 Padang menggelar bakti sosial dengan tajuk ‘Bakti Madrasah Untuk Masyarakat’. Kegiatan yang menjadi bagian dari program masa taaruf madrasah bagi siswa itu dilaksanakan baru-baru ini di Kelurahan Balai Gadang dan sekitarnya, Kota Padang. IST
Dalam rangka menegaskan keberadaan madrasah di tengah-tengah masyarakat, MAN 3 Padang menggelar bakti sosial dengan tajuk ‘Bakti Madrasah Untuk Masyarakat’. Kegiatan yang menjadi bagian dari program masa taaruf madrasah bagi siswa itu dilaksanakan baru-baru ini di Kelurahan Balai Gadang dan sekitarnya, Kota Padang. IST
Afrizal Kepala MAN 3 Padang
Afrizal, Kepala MAN 3 Padang

PADANG, KP – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang terus berbenah jelang menghadapi penilaian Adiwiyata 2017 tingkat provinsi Sumatra Barat. Berbagai persiapan dilakukan madarasah yang berlokasi di Kelurahan Balaigadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang itu. Di antaranya mulai dari pembuatan bank sampah, galeri, hingga green house.

“Kita siap menghadapi penilaian Adiwiyata 2017. Berbagai hal yang jadi indikator penilaian terus kita benahi,” ujar Kepala MAN 3 Padang, Afrizal, kepada KORAN PADANG, didampingi Wakil Kepala Bidang Kehumasan, Syafrizal Tanjung, Waka Kesiswaan, Ihsan Lubis, dan Waka Sarana & Prasarana, Robby, Rabu (28/1/2017).

Baca Juga: Jeli Lihat Potensi Murid, MAN 3 Padang Hadirkan Ekskul Marching Band Hingga Panahan

Menurutnya, penghargaan Adiwiyata merupakan hal mutlak yang mesti diraih untuk menegaskan eksistensi madarasah yang dipimpinnya itu sebagai ‘sekolah hijau’ yang berwawasan lingkungan. Apalagi, MAN 3 berada di kawasan yang lingkungannya masih asri dan jauh dari hiruk-pikuk keramaian pusat kota. Sehingga, tak ada dalih untuk tidak meraih penghargaan Adiwiyata tersebut.

“Yang jelas kita optimis dapat meraih penghargaan bergengsi bidang lingkungan itu. Semua unsur sekolah sangat mendukung tekad ini,” tegas Afrizal yang baru sekitar dua tahun belakangan memimpin MAN 3 Padang itu, Dijelaskannya, saat ini pihaknya tengah membuat bank sampah.

Baca Juga: Ikuti Kejuaraan Panahan Wirabraja, MAN 3 Padang Kirim Tiga Atlet Terbaik

Nantinya, bank sampah itu akan menampung sampah-sampah yang bisa didaur ulang menjadi barang atau kerajinan bernilai ekonomi dan berdaya guna. Hasil olahan sampah daur ulang itu kemudian dipajang di galeri yang telah disiapkan. Kerajinan hasil daur ulang itu dibuat oleh para siswa di bawah bimbingan majelis guru dan pembina Adiwiyata.

Kemudian, imbuhnya, green house saat ini juga sedang dibangun. Tiang-tiangnya sudah berdiri kokoh dan siap difungsikan, segera setelah dilengkapi dengan berbagai peralatan dan lainnya.

“Di sana nanti juga akan kita isi dengan berbagai satwa, seperti burung-burung. Sehingga, benar-benar tercipta lingkungan yang asri dan alami di madrasah ini,” bebernya sambil menyebutkan dalam waktu dekat taman air mancur juga akan segera difungsikan guna menambah nuansa alam di sekolah tersebut.

Tiga RKB Sudah Difungsikan

Di sisi lain, Afrizal menyebutkan tiga ruangan kelas baru (RKB) yang dibangun menggunakan dana hibah Pemko Padang saat ini sudah difungsikan dengan lancar. Ketiga bangunan itu dibuat dengan konstruksi yang direncanakan bertingkat.

“Tahun ini kita menargetkan penambahan sekitar 4 lokal lagi. Mudahan-mudahan dapat terealisasi guna menambah daya tampung calon siswa ke depannya,” kata mantan Kepala MAN Padusunan, Pariaman itu. (ak)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY