Konsumsi Obat dan Makanan, Perhatikan Masa Kedaluwarsa

0
108
Gubernur Irwan Prayitno membubuhkan tanda tangan pada kegiatan pencanangan Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman (GNPOPA), di GOR H. Agus Salim Padang, Minggu (29/1).

PADANG, KP – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, meminta masyarakat Sumbar untuk cerdas dalam mengkonsumsi obat dan makanan.

“Kalau membeli obat atau makanan, kita harus teliti apakah obat dan makanan tersebut sudah kedaluwarsa atau belum, “ujar Gubernur usai pencanangan Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman (GNPOPA), di GOR H. Agus Salim Padang, Minggu (29/1).

Menurutnya, pengawasan obat dan makanan yang ada di Sumbar bukan hanya tugas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) dan pemerintah daerah saja, namun mebutuhkan kerjasama dengan masyarakat.

“Kalau ada masyarakat menemukan hal-hal janggal pada makanan dan obat, saya minta segera melapor kepada BPOM atau pihak yang berwajib. Apabila dibiarkan tentu akan berdampak buruk, ” tegasnya.

Sementara, Kepala BBPOM Padang, Zulkifli, menjelaskan penyebab maraknya peredaran obat dan makanan tidak sehat saat ini karena rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat, baik produsen maupun konsumen.

“Kita harus waspada terhadap berbagai bentuk makanan dan obat-obatan, bahkan terhadap obat tradisonal sekalipun,” pungkasnya. (bob)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY