SMKN 1 Kota Besar ‘Belajar’ ke Laboratorium Teknik Kimia UBH

0
266
Pelajar SMKN 1 Koto Besar Kabupaten Dharmasraya tengah mendengarkan penjelasan tentang alat-alat laboratorium yang disampaikan mahasiswa Teknik Kimia UBH di Kampus Proklamator I UBH, Senin (30/1). Foto Humas

PADANG, KP – Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta (UBH) didatangi pelajar SMKN 1 Koto Besar Kabupaten Dharmasraya dan belajar ke laboratorium yang ada di Kampus Proklamator I UBH, Senin (30/1).

Kepala Sekolah SMKN 1 Koto Besar, Andison mengatakan, SMKN 1 Koto Besar ini merupakan sekolah menengah kejuruan yang terletak di Kabupaten Dharmasraya tepatnya di perbatasan Sumatra Barat dan Jambi. Lalu terdapat salah satu fokus jurusannya yaitu, Kimia Industri yang baru saja berdiri pada tahun ajaran 2016-2017 sekitar delapan bulan lalu.

“Studi banding ini merupakan progaram khusus yang telah direncanakan dengan mengunjungi Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Padang untuk tingkatan SMA dan Jurusan Teknik Kimia UBH untuk tingkatan Perguruan Tinggi. Hal ini disesuaikan dengan fokus ke Kimia Industri,” sebutnya.

Ia menyebutkan, pengajar di SMKN 1 Koto Besar mempunyai misi agar siswa-siswi memiliki pola pikir yang mantap. Para pelajar tidak hanya mengetahui lebih dalam mengenai kimia industri dari sekolah saja. Namun, setelah kunjungan ini para siswa dapat memperoleh ilmu dan pengalaman yang baru, tentunya dapat mengenal orang-orang baru dan memperoleh gambaran untuk kelanjutan studi di perguruan tinggi.

Menurutnya, Jurusan Teknik Kimia sudah sangat bagus dan memiliki fasilitas labor yang lengkap dan semuanya saling bersinergi. “Dari ketersediaanya ini saya rasa Jurusan Teknik Kimia mampu meningkatkan akreditasnya. Luar biasa untuk kita dan untuk UBH,” tutup Andison.

Sementara, Dekan FTI UBH Dr. Hidayat, mengapresiasi para siswa-siswi yang semangat melaksanakan kunjungan ini. Meskipun sekolah ini merupakan sekolah yang baru, namun jangan jadikan itu alasan untuk tidak berusaha menjadi terdepan.

Riko Nanto, salah satu pelajar SMKN 1 Koto Besar mengaku memperoleh banyak pengetahuan yang sebelumnya tidak diperoleh di sekolahya yang berhubungan dengan mata pelajaran Teknik Dasar Laboratorium Kimia, Diagram, Formula dan Kimia Analitik.

“Menurut saya jurusan ini sangat bagus dan mampu menjadi program studi idaman. Harapan saya untuk sekolah agar mendapat fasilitas lebih lengkap yang dapat menunjang proses belajar mengajar dan untuk UBH semoga mnjadi universitas unggul sesuai dengan visi dan misinya,” tuturnya. (nda/*)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY