Ikuti Kejuaraan Panahan Wirabraja, MAN 3 Padang Kirim Tiga Atlet Terbaik

0
206
Atlet panahan MAN 3 Padang, Satria, bersama pelatih ekskul panahan, Rafli Darman, seusai latihan
Atlet panahan MAN 3 Padang, Satria, bersama pelatih ekskul panahan, Rafli Darman, seusai latihan. FOTO: HUMAS MAN 3 PADANG
Afrizal Kepala MAN 3 Padang
Afrizal Kepala MAN 3 Padang

PADANG, KP – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang memboyong tiga atlet pelajar terbaiknya untuk mengikuti kejuaraan panahan ‘Wirabraja Open Archery Turnamen 2017’, yang digelar selama dua hari, 10-12 Maret, di lapangan tembak Kipan A Yonif 133/Yudha Sakti Lapai, Kota Padang.

”Ketiga atlet pelajar yang kita kirim dalam kejuaraan itu adalah Satria, Rudi, dan Robi. Mereka sudah berpengalaman. Kita yakin mereka akan memberikan kemampuan terbaiknya untuk mengharumkan nama madrasah,” ungkap Kepala MAN3 Padang, Afrizal, melalui Wakil Kepala Bidang Kehumasan, Syafrizal Tanjung, kepada KORAN PADANG, Kamis (9/3/2017).

Baca Juga
Jeli Lihat Potensi Murid, MAN 3 Padang Hadirkan Ekskul Marching Band Hingga Panahan
Ditbinmas Polda Sumbar Sosialisasikan Bahaya Narkoba di MAN 3 Padang

Dijelaskannya, ketiga atlet tersebut baru-baru ini juga mengikuti kejuaraan panahan antar-pelajar yang diadakan di Kompi C Siteba, Padang. Tak tanggung-tanggun, mereka berhasil menyabet gelar juara 1, 2, dan 3. Atas dasar itu, pihak madrasah optimis dalam kejuaraan panahan yang digelar Korem 032/Wirabraja kali ini para atletnya dapat meraih prestasi serupa.

“Saat ini ketiga atlet yang akan diturunkan dalam kejuaraan itu masih terus menjalani latihan secara intensif di venue panahan MAN 3 Padang,” ulasnya semabri menyebutkan panahan merupakan salah satu ekstrakurikluler (ekskul) unggulan madrasah yang beralamat di Kelurahan Balaigadang, Kecamatan Kototangah, Kota Padang itu.

Lebih lanjut dijelaskannya, ekskul panahan itu diluncurkan sekitar pertengahan tahun 2016 lalu. Meski masih berusia muda, namun peminat ekskul tersebut cukup banyak. Antusias pelajar untuk mempelajari cara memanah secara profesional itu cukup tinggi.

“Peralatan memanah yang kita miliki sudah memadai meski perlu dilengkapi lagi. Sehingga, ekskul panahan ini bisa menjadi kebanggan bagi madrasah khususnya dan Kementerian Agama di tingkat regional secara umum,” paparnya.

Pihaknya menargetkan dari cabang panahan ini para atlet pelajar kita mampu mewakili Sumbar ke Pekan Olahraga Nasional (PON). Untuk mewujudkan target itu, MAN 3 Padang akan berusaha melengkapi peralatan yang dibutuhkan yang diupayakan melalui bantuan dana DIPA, hibah komite, atau bantuan dari pihak lain yang tidak mengikat.

Untuk diketahui, selain panahan, MAN 3 Padang yang saat ini sedang mengikuti penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi Sumbar itu juga memiliki sejumlah kegiatan ekstrakurikuler unggulan lainnya. Antara lain, silat, pramuka, marching band, hingga paskibra. Berbagai ekskul itu telah menorehkan nama baik bagi MAN 3 Padang dengan menyabet sederet prestasi melalui kejuaraan tingkat lokal hingga internasional yang diikuti.

Sebelumnya, Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 032/Wirabraja, Kapten (Inf) Hasran Harahap mengatakan lomba panahan itu merupakan salah satu bentuk kegiatan serbuan teritorial yang bertujuan memfasilitasi sekaligus sebagai wadah penyaluran bakat bagi generasi muda dalam mengembangkan prestasi olahraga di bidang panahan.

“Materi lomba terdiri dari recurve kualifikasi dan eliminasi putra, nasional kualifikasi, dan eliminasi umum kualifikasi pelajar SMU, SMP, dan SD, compound kualifikasi dan eliminasi umum, serta kualifikasi pelajar,” terangnya, sembari menyebutkan kejuaraan tersebut memperebutkan hadiah medali dan sertifikat serta uang tunai sebesar total Rp120 juta.
“Dengan adanya iven ini diharapkan perkembangan olahraga panahan semakin maju dan dapat mencetak atlet-atlet panahan handal yang mampu mengharumkan nama daerah dan Indonesia di kancah nasional maupun internasional,” pungkas Hasran Harahap. (ak)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY