72 Siswa MAN 3 Padang Lulus PTN Jalur Undangan

0
408
Komplek MAN 3 Padang di Kelurahan Balaigadang, Kecamatan Kototangah, yang asri.
Komplek MAN 3 Padang di Kelurahan Balaigadang, Kecamatan Kototangah, yang asri.
Afrizal Kepala MAN 3 Padang
Afrizal Kepala MAN 3 Padang

PADANG, KP – Sebanyak 72 siswa MAN 3 Padang berhasil lulus dalan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur undangan di sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia. Hal itu berdasarkan hasil kelulusan pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

Kepala MAN 3 Padang, Afrizal, didampingi Waka Kesiswaan, M. Ihsan Lubis, dan Waka Kurikulum, Mashuri, kepada KORAN PADANG, kemarin, menyebutkan untuk jalur undangan melalui SNMPTN 2017 yang hasilnya diumumkan pekan lalu, sebanyak 16 pelajar MAN 3 Padang berhasil lulus. Sedangkan yang lulus melalui SPAN-PTKIN sebanyak 56 pelajar.

“Jadi, untuk saat ini sebanyak 72 pelajar kita dinyatakan diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan. Jumlah itu belum termasuk kemungkinan pelajar kita yang diterima di PNP,” papar Afrizal.

Menurutnya, jumlah pelajar MAN 3 Padang yang diterima melalui jalur undangan pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 60 orang.

Dirincikannya, siswa yang lulus SNMPTN 2017 yaitu Ayu Elviyanti (IPA/UNP), Intan Rahmawati (Matematika/UNP), Nadya Sari Putri (Fisika/UNP), Nini Amelin (Bahasa & Sastra Indonesia (UNP), Seprita (Agribisnis/Univ. Jambi), Ilham Bonavid Iskandar (Pdd. Matematika/UNP), Ade Vita Putri (PLS/UNP), Oktavia Nelson (Teknik Geofisika/ITS), Ranny Miranda Putri (Pdd. Bahasa Inggris/UNP), Tari Satria (PGSD/UNP), Tasnim Muhammad Abrar (Teknik Mesin/Unsyiah), Azizah Farmen (Sendratasik/Univ. Jambi), Muklis (Pdd. Sosiologi & Antroplogi/UNP), Siska Aprina (Sendratasik/Univ. Jambi), Sofia Amanda (Pdd. Sosiologi & Antroplogi/UNP), dan Tia Ardila (Pdd. Ekonomi/UNP).

Sedangkan 56 siswa yang lulus penerimaan SPAN-PTKIN terdiri dari 11 orang di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, 1 orang di UIN Raden Fatah Palembang, 1 orang di IAIN Bukittinggi, 2 orang di UIN Sunan Gunung Jati Bandung, dan 41 orang di IAIN Imam Bonjol Padang.

Afrizal menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada pelajarnya yang lulus seleksi SNMPTN dan SPAN-PTKIN seraya berpesan agar mereka senantiasa menjaga nama baik dan mengukir prestasi di perguruan tinggi nantinya.

“Mudah-mudahan siswa kita bisa meraih prestasi gemillang yang membanggakan serta menuai keberhasilan di masa yang akan datang,” harapnya.

Untuk diketahui, persaingan jalur masuk PTN bebas tes tersebut pada tahun ini semakin ketat. Sebab, terjadi pengurangan kuota yang cukup signifikan. Sebagai contoh, pada tahun lalu bagi sekolah/madrasah dengan akreditasi A mendapat jatah undangan 70 persen terbaik di masing-masing sekolahnya, namun kali ini hanya 50 persen. MAN 3 Padang saat ini memiliki akreditasi A.

Selain jatah undangan berdasarkan akreditasi, persyaratan untuk mengikuti jalur undangan tersebut jauga dipengaruhi oleh nilai rapor semester 1-5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) yang telah diisikan pada PDSS, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Selain SNMPTN, jalur undangan lainnya yaitu SPAN-PTKIN. SPAN-PTKIN adalah pola seleksi khusus untuk Perguruan Tinggi Islam Negeri, seperti UIN, IAIN, maupun STAIN. (ak)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY