Acara Perpisahan MAN 3 Padang Sarat Makna

0
141
KEPALA Kanwil Kemenag Sumbar, Salman K Memed, mengambil sirih dalam carano yang di- persembahkan panitia acara perpisahan MAN 3 Padang, Sabtu (6/5).
KEPALA Kanwil Kemenag Sumbar, Salman K Memed, mengambil sirih dalam carano yang di- persembahkan panitia acara perpisahan MAN 3 Padang, Sabtu (6/5).

DITERIMA TIGA TAHUN LALU DI MADRASAH, DILEPAS JUGA DI MADRASAH


PADANG, KP – Gapailah mimpi untuk meraih masa depan yang cemerlang dengan melanjutkan ke perguruan tinggi yang dicita-citakan. Jangan berhenti hanya sampai di bangku madrasah. Sebab, jalan masih panjang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar, H. Salman K. Memed, dalam sambutannya oada acara perpisahan kelas XII yang telah menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun, di MAN 3 Padang, Kelurahan Balaigadang, Kecamatan Kototangah, Sabtu (6/5).

“Anak-anakku yang dirahmati Allah, semoga kalian semua dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi yang kalian idam-idamkan selama ini,” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI
72 Siswa MAN 3 Padang Lulus PTN Jalur Undangan
Bertekad Lahirkan Generasi Emas, MAN 3 Padang Buka Lokal Takhassus

Sementara, Kepala MAN 3 Padang, Afrizal, mengatakan perpisahan sekaligus pelepasan siswa kelas XII merupakan agenda rutin madrasah yang dilaksanakan setiap tahun. Acara itu juga menjadi ajang siraturahim antar siswa, guru, dan warga madrasah .

“Kalian akan kembali ke tengah-tengah masyarakat sebagai pribadi yang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak dalam menentukan masa depan kalian dan melanjutkan ke perguruan tinggi atau memasuki dunia kerja,” terangnya.

Afrizal menyebut, perpisahan itu sengaja diadakan di sekolah karena dianggap lebih bermakna dibandingkan digelar di luar lingkungan sekola.

“Anak-anak kita diterima di sekolah ini dan mereka juga dilepas di sekolah ini,” ulas Afrizal.

Dia mengungkapkan, tahun ini MAN 3 Padang lulus 100 persen dengan jumlah siswa 159 siswa. Bahkan, puluhan siswa diterima di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia melalui jalur undangan baik melalui SNMPTN maupun dari jalur SPAN-PTKIN.

“Dibandingkan tahun lalu, siswa kita yang lulus melalui SNMPTN hanya 6 orang. Jadi ada peningkatan secara signifikan dari tahun lalu. Semoga ini akan terus meningkat setiap tahun,” harapnya.

Dia menambahkan, selain berprestasi di bidang akademik, pelajar MAN 3 Padang juga berprestasi di bidang non akademik, seperti juara 1 Sumatra Marching Open Championship 2016, juara 1 Pencak Silat Satria Muda Indonesia dan banyak prestasi lainnya.

“Kita berharap pada tahun 2020 nanti MAN 3 Padang dapat meraih kejayaannya. Maka itu, dari sekarang kita lakukan pembinaan terhadap siswa secara intensitr,” ulasnya.

Salah satu upaya mewujudkan hal itu adalah melalui lokal takhassus yang dibuka mulai tahun ajaran baru 2017/2018. Kelas takhassus itu akan diajar oleh pendidik khusus yang merupakan kolaborasi dari tenaga pendidik MAN 3 Kota Padang dengan tenaga-tenaga pendidik potensial lainnya yang akan diterima melalui seleksi khusus.

Kelas yang diharapkan menjadi ikon MAN 3 Padang itu rencanaya diisi 30 orang pelajar putra dan putri terbaik yang diterima melalui seleksi khusus secara ketat. Setelah dinyatakan lulus, mereka berhak mengikuti pendidikan di lokal takhassus dan dibebaskan dari segala bentuk pembiayaan sampai tamat.

Sistem pembelajarannya full-day dengan model pembinaan boarding school. Setiap semester, ada target-target khusus yang mesti dicapai siswa. Di antara target itu adalah siswa minimal menguasai satu bahasa asing dan hafal minimal satu juz Alquran per semester. Sehingga, setamat dari MAN 3 Padang nanti, siswa sedikitnya hafal enam juz Alquran. (nal)

 

Structured Data, Review
Title: Acara Perpisahan MAN 3 Padang Sarat Makna
Reviewed by
Rating: 5.0
Summary:
Description:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY