Kebakaran Dahsyat di Koto Nan Gadang

0
153
Puing-puing empat rumah yang terbakar di Koto nan Gadang Kota Payakumbuh, Senin dinihari (5/6). Foto Doddy Sastra

PAYAKUMBUH, KP – Kebakaran dahsyat terjadi di kawasan Koto Nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Senin dinihari (5/6) sekira pukul 02.30 WIB, tepatnya di Kelurahan Ikuakoto Dibalai, Lingkungan Balaicacang. Dalam peristiwa tragis itu satu orang tewas dan empat rumah semi parmanen masing-masing milik M. Nor, Suanis (60), Nasrul (63), dan Fauzi (45) ludes jadi abu.

Korban tewas dalam kebakaran yang terjadi menjelang umat muslim melakukan ibadah sahur itu adalah M. Nur (80). Kondisinya mengenaskan dengan seluruh tubuhnya hangus terpanggang dilahap ‘si jago merah’.

“Musibah kebakaran yang terjadi tengah malam buta itu membuat warga sekitar panik. Dengan mudah api tiba-tiba membesar, diduga dari rumah milik M. Nur,” ujar salah seorang warga sekitar.

Nahar Sago, wartawan senior di Kota Payakukmbuh, yang rumahnya hanya berjarak sekitar 5 meter dari TKP mengungkapkan, kobaran api itu membuat sejumlah warga panik dan berhamburan keluar rumah berusaha menyelamatkan nyawa.

“Saat peristiwa terjadi, kebetulan saya belum tidur dan langsung panik melihat kobaran api sudah membesar. Tanpa pikir panjang, saya berusaha menyelamatkan istri dan anak-anak yang sedang tertidur pulas keluar dari rumah,” ujarnya.

Selang tak lama setelah kebakaran, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, sekitar pukul 08.00 WIB, mengunjungi lokasi kebakaran. Didampingi Asisten Pemerintahan Yoherman, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Amriul Dt. Karaiang, Kadinas Kominfo Elvi Jaya, ST dan Kadinas Sosial Idris, Camat dan Lurah, Walikota Riza Falepi langsung menemui para korban, tokoh masyarakat setempat, dan melakukan koordinasi dengan sejumlah OPD guna penanganan lanjutan setelah musibah.

Kepada Dinas Sosial, Riza Falepi, minta agar dilakukan bantuan tanggap darurat secepatnya kepada para korban. Sedangkan kepada para korban, Riza Falepi meminta agar musibah itu dapat diterima dengan sabar dan tawakal.

Smentara, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Amriul Dt. Karaiang, melalui Kepala Dinas Kominfo, Elvi Jaya,ST, meminta dibuatkan imbauan agar masyarakat melakukan pemeriksaan ulang terhadap instalasi listrik di kediaman masing-masing. Sebab, intalasi yang terpelihara baik dapat mengurangi resiko kebakaran. (Doddy Sastra)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY