Antisipasi Peredaran, Ribuan Petasan Disita Polsek Luki

0
76

PADANG, KP – Ribuan petasan berhasil disita dari para pedagang eceran di wilayah hukum Polsek Lubukkilangan (Luki) Kota Padang , Senin malam (5/6). Razia tersebut dilakukan pihak Kepolisian, guna menimalisir peredaran petasan yang kian meresahkan masyarakat di bulan Ramadan.

Dari razia tersebut, empat pedagang sempat dibawa ke Mapolsek Luki untuk menjalani pemeriksaan. Selanjutnya, para pedagang tersebut dilakukan pembinaan dan masih diberi kesempat serta berjanji tidak akan menjual kembali petasan yang bisa membahayakan masyarakat tersebut.

“Kita masih melakukan sosialisasi kepada para pedagang ini agar tidak menjual petasan yang memiliki daya ledak diatas normal. Maka itu, kita beri arahan di Mapolsek dan membuat perjanjian,” terang Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz melalui Kapolsek Luki, Kompol Desfami Erianyo.

Dari razia di empat titik di wilayah hukum Polsek Luki tersebut, petugas mengamankan sebanyak 4.300 butir petasan jenis cabe. Bahkan, petasan itu sempat disembunyikan pedagang di dalam kardus dan siap diedarkan.

“Selain itu, 12 kotak petasan terbang dan delapan dianataranya berdaya ledak tinggi turut disita. Selanjutnya dua petasan roket serta 182 buah petasan korek serta tiga kotak petasan jenis kupu-kupu ikut kita amankan,” tambah Desfami Erianyo.

Kapolsek menghimbau, agar para pedagang tidak menjual petasan yang memiliki daya ledak tinggi. Karena, imbuhnya, apabila kembali kedapatan akan segera diproses secara hukum.

“Begitupun bagi orangtua, agar dapat mengawasi anaknya untuk tidak membeli dan bermainkan petasan yang bisa membahayakan. Mari kita bersama-sama menjaga kondisi bulan remadan yang tentram agar bisa menjalankan ibadah dengan khusuk,” imbaunya. (Irwanda Saputra)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY