Memiliki Kemampuan Menembak Jitu, Timsus Polresta Padang Siap Basmi Para Bandit Jalanan

0
1321
Para anggota Tim Khusus (Timsus) Polresta Padang dengan dilengkapi helm dan baju anti peluru serta dua senjata api larasd panjang dan pendek siap membasmi para bandit jalanan.Irwanda Saputra

PADANG, KP – Mengantisipasi maraknya aksi kejahatan menjelang hari Raya Idul Fitri, Polresta Padang membentuk Tim Khusus (Timsus) unit rekasi cepat. Dengan beranggotakan para personel pilihan yang terbaik, dilengkapi helm dan baju anti peluru serta dua senjata api timsus ini siap membasmi para bandit jalanan.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz melalui Kabag Ops, Kompol Ediwarman, menjelaskan pembentukan timsus tersebut atas dasar menyikapi perkembangan situasi tindak pidanan yang diprediksi  berkemungkinan meningkat menjelang lebaran sesuai dengan laporan intelijen di wilayah hukum Kota Padang.

“Maka itu, kita sengaja membentuk timsus ini dengan jumlah personel 20 orang dipilih dari berbagai macam latar belakang seperti dari Satuan Reserse, Sabhara dan Intelkam kemudian disatukan dan padukan. Kita pilih beberapa anggota dari satuan itu yang terbaik dan memiliki kemampuan khusus,” terang Ediwarman kepada KORAN PADANG.

Ediwarman mengungkapkan, timsus Polresta Padang memiliki tugas utama seperti membasmi kejahatan jalanan (Strike Crime) yang menyangkup tindak pidanana jambret, perampokan, maling dan lain-lainnya.  Nanti, imbuhnya, timsus itu langsung melakukan tindakan represif dengan mendatangi tempat kejadian peristiwa (TKP) dengan cepat.

“Anggota timsus setiap ada laporan langsung disikapi dengan cepat dan dilakukan ditindak dengan mengkedepankan standard operating procedure (SOP). Inilah timsus yang kita bentuk dan diharapkan dapat menimalisir kejahatan dan tentu membuat Kota Padang yang lebih kondusif dan aman,” jelasnya.

Ediwarman menambahkan, sebelumnya Polresta Padang telah memiliki tim pengurai massa (Raimas) yang mengkedepankan tindakan preventif yang menindak tindakan kenalakan remaja seperti tawuran dan balap liar. Namun, imbuhnya, apabila suatu tingkat kejahatan itu meningkat seperti jambret, maling serta perampokan akan ditangani oleh timsus tersebut.

“Timsus ini akan kita permanenkan, jadi tidak hanya ketika menjelang hari Raya Idul Fitri ini mereka ada namun kedepannya akan terus ada. Bahkan, selanjutnya akan terus dilakukan pelatihan khusus hingga perlengkapan yang cagih bagi anggota timsus ini dalam menangani suatu kejahatan,” kata Kabag Ops.

Ediwarman membeberkan, untuk strategi timsus tersebut akan dibagi perzona yang dianggap rawan akan aksi kejahatan jalanan. Saat ini, timsus ini akan sangat fokus terhadap penindakan aksi jambret di Kota Padang.

“Aksi jambret kian meningkat dan marak terjadi di Kota Padang ini, dan timsus ini akan kita bagi anggota ketika ada kejadian akan segera bergerak melakukan penindakan. Dan sekarang kita upayakan pelatihan strategi pengepungan terhadap para pelaku jambret tersebut,” ucapnya.

Sementara, Komandan Tim (Dantim) Timsus Polresta Padang, Kompol Sigit, menjelaskan untuk timsus tersebut dilengkapi dengan senjata api laras panjang dan pendek. Para anggota, rata-rata memiliki kemampuan dan lulus penembak terbaik.

“Para anggota memiliki kemampuan penembak jitu kelas dua, kemudian untuk teknis penggerebekan maupun pengepungan yang sifatnya  sangat diperlukan di lapangan akan kita berikan pelatihan kusus. Jadi setiap ada kejadian mereka akan action di TKP langsung,” pungkas Kompol Sigit. (Irwanda Saputra)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY