Hebat! MAN 3 Padang bakal Gelar Kejuaraan Silat Berskala Besar

0
886
Komplek MAN 3 Padang di Kelurahan Balaigadang, Kecamatan Kototangah, yang asri.
Komplek MAN 3 Padang di Kelurahan Balaigadang, Kecamatan Kototangah, yang asri.

PADANG, KP – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang kembali mengangkat iven berskala besar, yakni ‘MAN 3 Padang Open Pencak Silat Tangan Mas Championsip 2017’. Kejuaraan itu merupakan perhelatan yang kedua kalinya setelah kesuksesan gelaran perdana pada tahun 2016 lalu.

Kepala MAN 3 Padang, Afrizal, didampingi Wakil Kepala Bidang Kehumasan, Syafrizal Tanjung, kepada KORAN PADANG, Kamis (27/7), mengatakan kejuaraan itu diselenggarakan MAN 3 Kota Padang dengan perguruan Silat Tangan Mas-nya bekerjasama dengan IPSI.

Dijelaskannya, pada tahun lalu kejuaraan itu diselenggarakan untuk tingkat Sumatra. Berkat dorongan Kakanwil Kemenag, Pemko Padang, dan pihak-pihak lainnya yang mendukung iven itu, maka pada tahun ini skalanya ditingkatkan statusnya menjadi open championship berskala internasional.

“Dengan demikian, kita membuka kesempatan bagi siapa saja yang berminat mengikuti kejuaraan ini. Tidak hanya peserta dari seluruh Indonesia, namun juga bagi peserta dari luar negeri,” ucapnya sembari menambahkan bahwa sudah ada peserta dari Singapura yang menyatakan ketertarikannya mengikuti iven tersebut.

Hal itu, terang Afrizal, disampaikan ofisial atlet Singapura pada momen kejuaraan silat ‘Jakarta Open Championship III’ beberapa waktu lalu. Malah, ucap pria yang akrab disapa Abah itu, mereka terus bertanya-tanya kapan iven ini akan digelar.

“Karena kesibukan saat Ramadhan lalu disusul penerimaan peserta didik baru (PPDB) dan persiapan penilaian akreditasi, maka baru sekarang iven ini bisa digelar. Mudah-mudahan antusiasme peserta cukup tinggi berpartisipasi dalam kegiatan ini,” katanya.

Lebih lanjut dipaparkannya, ‘alek gadang’ tersebut bakal diadakan selama lima hari, 21-25 September 2017 dengan lokasi pelaksanaan gelanggang/sasaran silat MAN 3 Padang, di Kelurahan Balaigadang, Kecamatan Kototangah, Kota Padang, dengan pesertanya pelajar mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/sederajat.

“Iven ini bertujuan untuk mempererat silaturahim antar pelajar dan antar-peguruan silat sekaligus untuk mencari bibit-bibit pesilat handal yang akan membela daerah. Dalam hal ini, kita selaku tuan rumah tentu ingin memberi sumbangsih bagi Kota Padang khususnya dan Sumbar umumnya dalam pencarian ‘pandeka silek’ usia dini yang bisa berbicara banyak ketika membela nama daerah di berbagai iven,” pungkas Afrizal.

Bagi peserta yang berminat, dapat mengunduh proposal/TOR dengan menghubungi sekretariat kejuaraan di MAN 3 Padang, atau contact person (CP) di nomor handphone 085363057315, atau melalui email mankototangah@gmail.com. Sedangkan pendaftaran dibuka mulai 1 Agustus hingga 14 September.

Untuk diketahui, pencak silat merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler unggulan MAN 3 Padang. Bahkan, para pesilat ‘Tangan Mas’ MAN 3 Padang berhasil meraih medali pada kejuaran tingkat Asia bertajuk ‘Jakarta Open Championship III’, pertengahan Februari 2017 lalu. (ak)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY