Langgar Izin Edar, Ribuan Miras Racikan Diamankan

0
36

PADANG, KP – Subdit I Indagsi (Industri, Perdagangan dan Investasi) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar, berhasil menemukan pedagang yang memproduksi serta meracik sendiri minuman keras (miras) di toko ASJ di kawasan Jalan Niaga, Kecematan Padang Selatan Padang, Selasa (5/9). Dalam penggerebekan itu, petugas mengamankan ribuan botal berbagai macam minuman berakohol dengan jenis berbeda.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsi membenarkan penggerebekan tersebut dan telah mengamankan minuman berakohol berbagai jenis seperti TKW, Teguilla, Anggur merah, Brandy, WN tanpa memiliki izin edar. Selain itu, juga memeriksa dua orang berinisial RW (53) dan AG (35).

“Namun kita hanya memeriksanya dan meminta keterangan yang bersangkutan. Untuk barang bukti, kita mendapatkan ribuan miras dengan berbagai takaran alkohol dan berbagai bahan-bahan racikan,” terangnya.

Dari data yang diterima KORAN PADANG, adapun jenis miras yang diamankan sebanyak 468 botol TKW Brothers dengan takaran alkohol 18,5 persen, 144 botol Brandy 19 persen, 225 botol Tequilla Black House 40 persen, enam  botol Vodka 16 persen dan 456 botol Anggur Merah 14,8 persen. Total semua miras tersebut berjumlah 1.299 botol.

“Selain itu, bahan-bahan dan alat pembuat minuman berupa, essen rasa minuman, alkhohol
95 persen, zat pewarna, gula, asam sistron. Bahkan, label berbagai jenis minuman, lem, botol minuman kosong, tutup botol,mesin pres serta kardus kemasan,” beber Syamsi.

Dari keterangan Pihak Kepolisian, modus yang digunakan pedagang miras itu dengan cara membeli bahan-bahan untuk meracik minuman tersebut. Selain, bahan-bahan tersebut di campur dan di beri air sesuai dengan jenis minuman yang akan dibuat.

kemudian, miras tersebut  di kemas dalam botol serta di tempel label, dan di kemas kembali dalam kardus. Bahkan, pemilik usaha juga meperdagangkan hasil racikan itu dengan produksi lebih kurang 1.200 botol perminggu dan telah beroperasi selama dua tahun. (iwa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY