Peduli Rohingya, Seniman Sumbar ‘Ngamen’ di Jalan

0
194

PADANG, KP – Para seniman musik Sumbar yang tergabung dalam Ikatan Penyanyi Kim Ranah Minang (IPKRM) ‘ngamen’ dan meminta sumbangan kepada pengendara yang melintas di kawasan Jalan Dr. Sutomo, Kubu Marapalam, Kecamatan Padang Timur, Kamis siang (7/9). Kegiatan tersebut, sebagai bentuk kepedulian artis Minang terhadap kaum muslim di Rohingya yang ditindas oleh Pemerintah Myanmar.

Puluhan seniman musik Ranah Minang tersebut, manggung dan bernyanyi sembari mementangkan spanduk bertuliskan Seniman Ranah Minang Peduli Rohingya. Setiap para pengendara yang melintas di kawasan itu, diminta partisipasi dan sedikit sumbangan untuk kaum muslim Rohingya tersebut.

Seniman Sumbar, Zakir Umbarat mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama empat hari kedepan. Selain mengamen di jalan, pihaknya juga akan mengumpulkan dana melalui acara KIM (permainan musik khas Minang) pada malam harinya.

“Ada dua lokasi tempat kita mengadakan acara ngamen di jalan ini, satu lagi di kawasan Jalan Gajah Mada, Gunung Pengilun, Kecamatan Nanggalo. Agendanya sama, dengan bernyanyi dan meminta sumbangan selanjutnya pada malam harinya pengumpulan dana di acara permainan KIM,” terang Zakir Umbarat.

Dijelaskannya, untuk dana yang terkumpul dalam kegiatan tersebut nantinya akan dikoordinasikan kepada pemerintah daerah untuk diserahkan ke kaum muslim Rohingya.

“Diharapkan, dengan sedikit sumbangan yang berhasil kita kumpulkan ini dapat membantu saudara kita yang ditindas oleh militer negara Myanmar itu,” katanya.

Salah satu artis Minang, Aciak, juga meminta agar Pemerintah Myanmar dapat menghentikan tindakan kekerasan terhadap umat muslim Rohingya di Rakhine. Menurutnya, perbuatan yang menewaskan ribuan orang tersebut merupakan tindakan yang sangat melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

“Semoga aksi kekerasan yang dialami oleh saudara muslim kita di Rakhine segera berhenti dan diharapkan pemerintah Indonesia dapat membantu umat muslim Rohingya tersebut,” pungkas Aciak. (iwa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY