Selasa Esok, Korem 032/Wirabraja Nobar Film G30S/PKI

0
188

PADANG, KP – Komando Resort Militer (Korem) 032/Wirabraja mengadangkan nonton bareng (nobar) film Pengkhianatan Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI) pada Selasa esok (26/9) sekira pukul 19.30 WIB. Dijadwalkan, nobar tersebut akan dilaksanakan di Aula Sapta Marga Makorem di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Padang Barat.

Nobar yang akan dibuka untuk umum bagi masyarakat itu dibenarkan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 032/Wirabraja, Kapten Arm Hasran Harahap Kepada KORAN PADANG. Dikatakannya, pemutaran film G30S/PKI tersebut dilaksanakan sesuai dengan Perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Sengaja kita buka untuk umum nobar tersebut bertujuan untuk menanamkan pendidikan kepada masyarakat agar tidak melupakan sejarah bangsa. Bahkan, pemutaran film G30S/PKI juga telah dilaksanakan di beberapa Kodim dan bahkan hingga Koramil sejak tanggal 20 September kemarin,” terangnya.

Kapten Arm Hasran Harahap menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin nonton film tersebut silakan datang ke Koramil atau Kodim di lokasi pemungkiman terdekat. Namun, imbuhnya, apabila memiliki waktu luang (Selasa) bisa langsung datang ke Makorem tepatnya di Gedung Sapta Marga.

“Sesuai hasil koordinasi dengan Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 032/Wirabraja, Kolonel Inf M. Asep Apandi, maka kita telah menentukan jadwalnya tersebut. Nanti, selain dibuka untuk umum bagi masyarakat juga akan diikuti oleh seluruh anggota Korem, Satdisjan beserta keluarga, KBT (FKPPI, PPAD, PPM),” ulasnya.

Kapten Arm Hasran Harahap mengungkapkan, dibukanya secara umum bagi masyarakat untuk nobar film G30S/PKI itu agar masyarakat tahu tentang sejarah kekejaman PKI yang pernah terjadi. Dengan demikian, masyarakat mengetahui sejarah sebenarnya tentang bahaya PKI  yang dapat merusak keutuhan NKRI.

“kita berharap dengan pemutaran film tersebut dapat diikuti seluruh masyarakat Sumbar apalagi khusus kalangan anak muda sehingga tidak  mudah dipengaruhi oleh hal yang memecah belah  keutuhan bangsa. Pada intinya kita harus mengerti sejarah agar kejadian itu jangan sampai terulang kembali,” kata Kapten Arm Hasran Harahap.

Sementara di tempat terpisah, ratusan masyarakat di kawasan Komplek TNI-AD Lapai RT05/RW05, Kelurahan Kampung Lapai, Kecamatan Nanggalo, Sabtu malam (23/9) sekira pukul 19.30 WIB telah mengikuti nobar film G30S/PKI tersebut. Terlihat, para masyarakat begitu antusias dan semangat mengikuti dari awal hingga akhir film tersebut.

“Kita berharap dengan nobar film G30S/PKI ini, masyarakat dapat mengerti akan sejarah kekejaman PKI. Bahkan, dengan nobar ini sehingga masyarakat tidak melupakan sejarah bangsa,” pungkas Ketua setempat Pelda Afnedi. (iwa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY