Afrinaldi: Dua Anak Lebih Baik

0
73
Penulis Afrinaldi

Manfaat memiliki banyak anak akhir-akhir ini tidak lagi didengungkan karena program keluarga berencana dari pemerintah yang menyarankan memiliki anak 2 saja.

Berbeda dengan zaman (terutama tahun 1990 -an) bahkan ada slogan yang mengungkapkan bahwa “Banyak anak banyak rezeki”. Tidak heran memang karena zaman dahulu memang sangat identik dengan slogan ini.

Banyak manfaat yang diperoleh dalam rumah tangga jika memiliki dua anak. Apalagi dengan anak yang sedikit, orang tua lebih terfokus dalam mengurus anak, mendidik anak, mengarahkan anak, hingga mereka kelak dapat berguna bagi bangsa dan negara.

Dengan memiliki dua anak, membuat hari-hari yang dijalani semakin ceria dan penuh kebahagiaan. Karena fokus orangtua hanya kepada dua anak saja, sehingga posisi orangtua, terutama ibu tidak repot dalam mengurus anak yang sedikit.

Orangtua pun bakal lebih mudah memikirkan segala macam pengeluaran untuk keluarga. Seperti biaya untuk makan sehari-hari, biaya pendidikan anak, biaya kesehatan, serta biaya lainnya.

Jika anak yang dimiliki dalam satu rumah tangga banyak, maka sudah jelas biaya yang dikeluarkan juga akan semakin besar. Secara otomatis membuat orangtua bekerja keras membanting tulang memenuhi kebutuhan keluarga yang semakin hari semakin meningkat.

Disamping itu juga menjaga kerukunan orang tua jika memiliki anak dua. Terkadang jika orangtua sedang mengalami stres karena sesuatu hal diluar, bisa membawa permasalahan tersebut ke dalam rumah. Nah jika anak banyak, tentu akan membuat suasana rumah menjadi crowded,sehingga membuat orangtua semakin stres.

Akibatnya orangtua menjadi mudah marah-marah dengan anaknya, bahkan bisa menjurus perkelahian dalam keluarga. Dengan melihat jumlah anak yang sedikit, biasanya masalah yang ada diluar, dapat hilang dalam rumah dengan kekuatan anak-anak.

Selain itu, anak pun dapat membantu orangtua guna bekerja dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Jika anak sudah dewasa maka diharapkan ada salah satu dari mereka yang dapat membantu ekonomi keluarga agar lebih stabil atau tolong menolong dalam hal lainnya.

Dengan mengikuti program KB ‘dua anak lebih baik’ sesuai anjuran pemerintah, para akseptor akan mendapatkan tiga manfaat optimal, baik untuk ibu, anak dan keluarga, antara lain:

1. Manfaat Untuk Ibu:
* Mencegah kehamilan yang tidak diinginkan
* Mencegah setidaknya 1 dari 4 kematian ibu
* Menjaga kesehatan ibu
* Merencanakan kehamilan lebih terprogram

2. Manfaat Untuk Anak:
* Mengurangi risiko kematian bayi
* Meningkatkan kesehatan bayi
* Mencegah bayi kekurangan gizi
* Tumbuh kembang bayi lebih terjamin
* Kebutuhan ASI eksklusif selama 6 bulan relatif dapat terpenuhi
* Mendapatkan kualitas kasih sayang yang lebih maksimal

3. Manfaat Untuk Keluarga:
* Meningkatkan kesejahteraan keluarga
* Harmonisasi keluarga lebih terjaga (Afrinaldi- Wartawan Harian Koran Padang)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY