Ternyata Depresi Dapat Memperpendek Umur Pada Wanita

0
54
Depresi Dapat Memperpendek Umur Pada Wanita
Depresi Dapat Memperpendek Umur Pada Wanita

Harian Koran Padang – Semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula orang yang tertekan oleh perubahan sosial serta tanggung jawab yang banyak, akhir-akhir banyak sekali terjadi depresi pada seseorang, baik itu depresi ringan, sedang dan berat, pada sebuah studi membuktikan bahwa depresi bisa meningkatkan kematian dini secara pada wanita. Kondisi depresi seorang wanita tak bisa diremehkan, karena jika depresi ini dibiarkan, maka dampaknya sangatlah berbahaya, bahkan yang paling buruk adalah kematian.

Penelitian yang dilakukan di University of Ottawa, seperti yang dilansir dari thehealthsite.com, menjelaskan bahwa risiko kematian yang disebabkan oleh depresi makin meningkat di tahun-tahun sekarang ini. Pada studi ini juga menunjukkan bahwa Di beberapa tahun belakangan ini kematian dini pada wanita meningkat sangat signifikan, peran wanita yang berubah secara drastis baik itu di rumah maupun itu di tempat kerja mereka. Pada zaman sekarang banyak wanita yang harus menanggung berbagai peran serta tanggung jawab yang seharusnya tidak mereka lakukan, mereka lakukan.

Pada penelitian itu juga menunjukkan bahwa, jangka hidup wanita muda yang terkena depresi di usia 25 tahun usianya bisa kurang dari 60 tahun. Jangka hidup tersebut pada awalnya bisa berkurang mulai dari 10-12 tahun, setelah 4-7 tahun kemudian usia mereka bisa berkurang menjadi 18 tahun.
Di Maryland, Amerika Serikat Stephen Gilman mengatakan bahwa pada awalnya kasusnya ini hanya terbatas pada pria saja, akan tapi beberapa tahun ini kasus depresi juga terjadi pada wanita.

tidak hanya itu pada penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal “Canadian Medical Association Journal”, tim peneliti mengecek berbagai data kesehatan mental pada 3.410 orang dewasa dalam kurun waktu lebih kurang dalam 60 tahun di sebuah wilayah di Atlantic Kanada dan menghubungkannya data penelitian tersebut dengan data di Canadian Mortality Database. Meski depresi ini bisa dikaitkan dengan pola makan buruk pada seseorang, kurangnya olahraga, kebiasaan merokok serta minum alkohol, namun pada penelitian tersebut tidak ditemukan adanya peningkatan risiko kematian yang disebabkan atau berhubungan dengan depresi.

namun Kondisi depresi serta kesehatan mental yang buruk pada seorang wanita memang akan mempengaruhi kesehatan mereka. Bahkan di saat seseorang wanita sedang depresi, hal ini dapat memicu keinginan untuk bunuh diri. Untuk itu jagalah selalu kesehatan tubuh dan mental mu, jangan karena depresi yang berkepanjangan membuat hidup mu jadi berantakan, dan satu hal lagi obat yang paling mujarap ketika kita sedang depresi adalah sholat dan baca alquran.

Sumber : Vimale.com | Foto: Flickr.com

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY