CMA Motivasi Ratusan Pelaku UMKM

0
94

PADANG, KP – Perekonomian di Indonesia terus mengalami peningkatan, apalagi dengan menjamurnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan lahirnya anak muda yang berkeinginan untuk menjadi wirausahaan. Untuk itu, Citi Indonesia (Citi Bank) memberikan dukungan penuh sebagai upaya mendorong program pemerintah untuk memajukan UMKM di Indonesia. Termasuk di Sumbar. Bersama mitra pelaksana Mercy Corps Indonesia melaksanakan penghargaan Citi Microentrepreneurship Awards (CMA).

“Ini merupakan tahun ke 13 menyelengarakan kegiatan ini, Untuk mendukukung dan memajukan UMKM, serta memberikan apresiasi bagi pelaku usahanya. Sehingga, ini menjadi program unggulan Citi yang didanai Citi Foundation. Bahkan, telah terlaksana di 30 Negara termasuk Indonesia,” ujar Head of External Communication Citi Indonesia, Ananta Wisesa, Kamis (21/12) saat penyelengaraan roadshow Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) di Hotel Kriyad Bumiminang.

Dikatakannya, selama periode penyelenggaraan CMA di Indonesia, ajang ini telah menarik lebih dari 6.000 pengusaha mikro serta telah memberikan penghargaan ke 120 pengusaha mikro Indonesia.

“Jadi untuk tahun ini, Kita akan menjaring peserta sekitar 700 pelaku UMKM di tiga kota yang kita lakukan roadshow yakni, Yogyakarta, Makassar dan Padang. Dimana, nanti akan dilakukan seleksi untuk diberikan apresiasi berupa penghargaan. Sehingga, adanya penghargaan ini akan memberikan motivasi bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, tak hanya penghargaan namun kita juga memberikan bekal ilmu bagaimana mereka untuk bisa terus bertahan dalam usahanya sekaligus bersaing dengan pelaku usaha lain. Untuk itu, bagi mereka yang lolos dalam tahap seleksi dari tiga kota ini akan dipilih 20 finalis ntuk mengikuti kegiatan bootcamp di Jakarta,” katanya.

Tambahnya, ini telah menjadi ajang tahunan yang selalu dilakukan Citi Indonesia memberikan peluang bagi masyarakat. Apalagi, para pelaku UMKM untuk terus berkembang dalam memasarkan produknya. Apalagi, saat ini memasuki dunia digital pasti mereka membutuhkan itu untuk memasarkan pelaku usahanya. “Kita membantu pelaku UMKM agar mereka terus dapat mengembangkan usaha. Apalagi dalam hal pemasaran produk dengan cara digital,” tuturnya.

Kesempatan yang sama, Senior Program Officer Citi Microentrepreneurship Awards, Imansyah Arrainy menyebutkan, Penghargaan CMA 2017-2018 ini ada lima kategori yang diberikan kepada para pemenang yakni, Green Microentrepreneur, Agriculture Microentrepreneur, Service and Culinary Microentrepreneur, Fishery Microentrepreneur, dan Arts and Creative Design Microentrepreneur.

Selain itu tiga penghargaan khusus yang akan diberikan, yakni Young Microentrepreneur, Microentrepreneur of the Year, dan Best Woman Microentrepreneur. Serta satu penghargaan apresiasi untuk Lembaga Keuangan Mikro Terbaik.

Untuk proses penjurian CMA, kata Imansyah dilakukan oleh dewan juri dari berbagai latar belakang, yaitu dari kalangan akademisi, perbankan, media, pengusaha, serta pemerintah. Dan,  pendaftaran CMA periode ini akan ditutup pada tanggal 31 Desember 2017.

“Pendaftaran dapat dilakukan secara online dihttps://cmaindonesia.id/daftar. Bagi pelaku usahayang ingin ikut dalam Citi Microentrepreneurship Awards 2017-2018,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Zirma Yusri menyambut baik kegiatan yang diadakan Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia sehingga ini akan menjadi salah satu penunjang pelaku wirausaha meningkatkan hasil produknya dengan cara berkompetensi. Apalagi, jika pelaku usaha memiliki kemampuan dan lulus seleksi program ini akan berpeluang untuk mendapatkan pelatihan dan pengharagan.

“Jadi saya sangat apresiasi kegiatan ini. Sehingga, apa yang dicita-citakan pemerintah untuk memajukan UMKM, terutama di Sumbar dapat tercapai. Apalagi dibantu dengan beberapa perusahaan swasta maupun perbankan untuk mengapai hal ini terjadi. Dan, adanya kegiatan ini pelaku usaha dapat berpacu dalam perubahan terutama kualitas dan segi marketing dalam produknya,” pungkasnya. (bob)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY