Menimalisir Kecelakaan, Dirlantas Polda Sumbar Survei Langsung Sitinjau Laut

0
233

PADANG, KP – Sitinjau Laut, Kecamatan Lubuk kilangan (Luki) Kota Padang, yang merupakan jalur lintas provinsi dikenal sangat rawan akan kecelakaan. Hal itulah yang membuat Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata, melakukan survei dengan langsung melihat jalan yang memiliki tanjakan ekstrem tersebut, Kamis (1/2).

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Kombes Pol Singgamata bersama Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya beserta jajaran meninjau langsung kawasan Sitinjau Laut, Kamis (1/2).
Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Kombes Pol Singgamata bersama Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya beserta jajaran meninjau langsung kawasan Sitinjau Laut, Kamis (1/2).

Kombes Pol Singgamata yang pernah menjadi Sekretaris Pribadi Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, melihat titik-titik yang dianggap rawan di kawasan Sitinjau Laut yang dikenal dengan Panorama satu dan dua tersebut.

“Kalau dilihat dari jalurnya, di sini (ditinjau laut) cukup rawan untuk terjadinya kecelakaan, karena memiliki tanjakan yang cukup tinggi serta tikungan yang tajam,” kata Kombes Pol Singgamata
yang juga didampingi Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya kepada wartawan.

“Harus mempunyai skill yang tinggi dan lihai dalam mengemudi untuk melewati lokasi penurunan dan pendakian yang terjal dan tikungan tajam yang ada di sitinjau laut ini,” sambungnya.

Kombes Pol Singgamata mengungkapkan, untuk mengantisipasi dan mengurangi angka celakaan di kawasan Sitinjau Laut, pihaknya akan
memperbanyak rambu-rambu semacam himbauan kepada pengendara agar lebih berhati-hati.

“Beberapa himbauan yang harusnya dipasang dengan menggunakan bahasa yang biasa saja, tidak bahasa hukum agar masyarakat bisa memahaminya,” cetusnya semabri menyebutkan untuk bentuk antisipasi lainnya akan kembali melakukan pengkajian.

Sementara, Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk memperbanyak rambu-rambu. “Nanti akan kami bahas dengan Dinas Perhubungan terkait hasil temuan Dir Lantas itu,” jelasnya. (iwa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY