Sambut Idul Fitri, Pemprov Sumbar Gelar Takbir Akbar Sumarak Syawal

0
588
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat pelaksanaan Takbir Akbar Sumarak Syawal dihalaman kantor Gubernur, Kamis malam (14/6).r
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat pelaksanaan Takbir Akbar Sumarak Syawal dihalaman kantor Gubernur, Kamis malam (14/6).

PADANG, KP – Menyambut datangnya 1 Syawal 1439 H, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) menggelar Takbir Akbar Sumarak Syawal dihalaman kantor Gubernur, Kamis malam (14/6).

Acara tersebut turut dihadiri Gubernur Sumbar, Ibu Nevi Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumbar, Ibu Wartawati Nasrul Abit, Forkopimda Sumbar, Pj. Walikota Padang serta Kepala OPD Sumbar.

Ony Yulfian yang bertindak sebagai Ketua Pelaksana kegiatan dalam sambutan menyampaikan, selain menyambut lebaran acara ini juga sebagai bentuk apresiasi untuk penggerak seni yang ada di Sumbar karena akan dimeriahkan oleh Gambus, Kasidah rabbana, Arif LIDA dan Khairat KDI.

“Selain itu, Gubernur akan membacakan sebuah puisi dengan judul makna sebuah titipan karya WS. Rendra,”sebutnya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menjelaskan, budaya takbiran sendiri berkembang di kalangan umat Muslim di Indonesia, termasuk di Sumbar. Gelaran takbiran yang digelar oleh Pemprov Sumbar ini merupakan acara tahunan yang sengaja dipusatkan di satu titik. Bila tahun lalu takbiran dipusatkan di Masjid Raya Sumbar, tahun ini diadakan di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

“Dari pada takbiran di jalan dan berisiko kecelakaan, kami berinisiatif memusatkan takbiran di satu tempat dan makna takbir tetap dirasakan,” jelasnya.

Gubernur juga menyampaikan harapannya, agar Hari Raya Idul Fitri esok hari sekaligus menjadi simbol kemenangan bagi umat Muslim setelah menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Menurutnya, Idul Fitri seharusnya diimbangi dengan peningkatan ketaqwaan dan semangat kerja yang meningkat.

Sementara itu, ibadah shalat Idul Fitri akan diadakan Jumat (15/6) pagi di Masjid Raya Sumatra Barat. Sebelumnya direncanakan shalat Id akan digelar di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

“Namun karena hujan, lapangan basah jadi tidak memungkinkan. Dipindahkan ke Masjid Raya Sumbar supaya lebih khidmat,” ujar Gubernur.

Kemeriahan malam takbir terasa lebih lengkap dengan pawai takbir yang diikuti oleh 11 kecamatan di Kota Padang dan penampilan mahasiswa dari mancanegara dalam mengumandangkan takbir. (rel)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY