‘Matsama’ MAN 3 Padang Berakhir, Ratusan Siswa Baru Gelar Aksi Bersih-bersih

0
194
SISWA baru MAN 3 Padang bergotong-royong membersihkan lingkungan Kantor Lurah Balaigadang, Kecamatan Kototangah, dalam kegiatan bakti madrasah untuk masyarakat yang merupakan rangkaian kegiatan masa ta’aruf siswa madrasah (matsama) tahun ajaran 2018/2019, Rabu (11/7/2018).
SISWA baru MAN 3 Padang bergotong-royong membersihkan lingkungan Kantor Lurah Balaigadang, Kecamatan Kototangah, dalam kegiatan bakti madrasah untuk masyarakat yang merupakan rangkaian kegiatan masa ta’aruf siswa madrasah (matsama) tahun ajaran 2018/2019, Rabu (11/7/2018).

PADANG, KP – Ratusan siswa baru MAN 3 Padang melakukan ‘long march’ dari dari kampus hijau mereka menuju Kantor Lurah Balaigadang, Kecamatan Kototangah. Berpakaian olahraga sembari menenteng parang, cangkul, sapu lidi, hingga pengki (sekop plastik) sampah, mereka berbaris rapi sambil sesekali meneriakkan yel-yel.

Rabu pagi (11/7/2018) itu sebanyak 282 siswa baru MAN 3 Padang melaksanakan ‘bakti madrasah untuk masyarakat’ yang merupakan rangkaian dari kegiatan masa ta’aruf siswa madrasah (matsama) tahun ajaran 2018/2019. ‘Sasarannya’ adalah halaman kantor lurah dan lingkungan di sekitarnya.

Sebelumnya, para siswa itu di-‘briefing’ oleh pihak madrasah di halaman sekolah dan setiba di kantor lurah mereka kembali di-briefing. Kali ini arahan diberikan oleh instruktur matsama yang didatangkan dari Lantamal II Padang.

Sekadar informasi, MAN 3 Padang rutin melakukan kerjasama dengan pihak Lantamal II Padang dalam berbagai kegiatan, termasuk pemberian bimbingan kepada siswa baru setiap tahun ajaran baru.

Usai pengarahan, para siswa mulai bergerak memunguti sampah, mencabuti rumput liar, dan menyapu dedaunan kering. Ada juga yang merapikan tanaman hias yang tumbuh di halaman Kantor Lurah Balaigadang itu.

Sementara, sebagian siswa lainnya membersihkan pinggir jalan raya dari sampah-sampah yang merusak pemandangan. Bandar atau saluran air juga tak luput dari jangkauan para siswa tersebut, dibersihkan hingga tuntas.

Kepala MAN 3 Padang, Afrizal,didampingi Waka Humas, Syafrizal Tanjung, dan Waka Kesiswaan, Ihsan Lubis, mengatakan kegiatan ‘bakti madrasah untuk masyarakat’ itu rutin diadakan setiap tahun ajaran baru guna menanamkan sikap menjaga kelestarian lingkungan dalam diri siswa demi membentuk insan madrasah yang cinta kebersihan.

“Program ini sesuai dengan salah satu visi dan misi MAN 3 Padang, yaitu sekolah berwawasan lingkungan. Kegiatan bakti madrasah untuk masyarakat pada tahun ini merupakan pelaksanan yang keempat kalinya dalam empat tahun terakhir,” ucap Afrizal kepada KORAN PADANG, kemarin.

Dia menambahkan, kegiatan itu tak hanya dilakukan pada matsama saja namun juga pada berbagai kesempatan.

Terkait matsama, Rabu (11/7), merupakan hari terakhir pelaksanaan sejak dimulai Senin lalu (9/7) yang dibuka oleh Kakan Kemenag Kota Padang, H. Marjanis. Afrizal berharap setelah matsama berakhir, para siswa baru tersebut dapat menyatu dan beradaptasi dengan dunia pendidikan madrasah, termasuk mengenal lingkungan madrasah tempatnya menimba ilmu serta dengan majelis guru, kakak kelas, hingga masyarakat sekitar.

Selain itu, mereka juga diharapkan aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang diadakan di MAN 3 Padang, mulai dari OSIM, silat, marching band, panahan, pramuka, dan berbagai ekskul lainnya.

Kepala MAN 3 Padang, Afrizal, bersama Wakil Kesiswaan Ihsan Lubis, Lurah Balaigadang, Yufrizal Maas, dan instruktur dari Lantamal II Padang, Serma Nofri, diwawancarai saat kegiatan bakti madrasah untuk masyarakat yang merupakan rangkaian kegiatan masa ta’aruf siswa madrasah (mastama) tahun ajaran 2018/2019, Rabu (11/7/2018).
Kepala MAN 3 Padang, Afrizal, bersama Wakil Kesiswaan Ihsan Lubis, Lurah Balaigadang, Yufrizal Maas, dan instruktur dari Lantamal II Padang, Serma Nofri, diwawancarai saat kegiatan bakti madrasah untuk masyarakat yang merupakan rangkaian kegiatan masa ta’aruf siswa madrasah (matsama) tahun ajaran 2018/2019, Rabu (11/7/2018).

Diapresiasi Lurah

Kegiatan bakti madrasah untuk masyarakat yang diadakan MAN 3 Padang itu diapresiasi oleh Lurah Balaigadang, Yufrizal Maas. Dia mengatakan kegiatan tersebut sangat positif karena merupakan bagian dari upaya menjaga kebersihan lingkungan, terutama di Kelurahan Balaigadang. Dia berharap aksi bersih-bersih yang diadakan siswa MAN 3 Padang itu bisa dicontoh oleh pihak lainnya. Terlebih, lanjutnya, dalam kegiatan itu para siswa kompak bergotong-royong yang merupakan budaya dan jatidiri bangsa yang patut dipertahankan dan dilestarikan.

“Kita apresiasi kegiatan ini, tak hanya kita dari kelurahan, apresiasi juga disampaikan warga. Mudah-mudahan kegiatan ini tetap dilakukan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Libatkan Enam Personil Lantamal II Padang

Selama tiga hari pelaksanaan matsama di MAN 3 Padang, sebanyak enam personel Lantamal II Padang dikerahkan sebagai instruktur. Serma Nofri yang mengomandani tim membenarkan pihaknya sudah cukup sering bekerjasama dengan MAN 3 Padang, khususnya dalam ‘menggembleng’ para siswa baru. Mereka dilatih kedisiplinan hingga semangat bela negara. Selain itu, para siswa baru juga diberi penyuluhan mengenai bahaya narkoba.

“Kami selalu siap untuk selalu mensupport setiap kegiatan positif yang dilaksanakan MAN 3 Padang,” tegasnya. (ak)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY