24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

ANTISIPASI PENGARUH GADGET Generasi Muda Nagari Andaleh Baruah Bukik Gelar Diskusi Umum

BATUSANGKAR, KP – Penggunaan teknologi informasi oleh generasi muda untuk berbagai keperluan bukan hal yang aneh saat ini. Zamannya sudah beralih ke era digital yang serba online. Sisi negatifnya, orang disibukkan dengan penggunaan gadget yang tidak terkontrol, bahkan cenderung menghabiskan waktu tanpa hasil positif.

Untuk mengantisipasi itu, generasi muda Nagari Andaleh Baruah Bukik, Kecamatan Sungayang, mencoba memikirkan bagaimana gerasi muda tidak terjerumus dengan pengaruh negatif dari gadget tersebut. Upaya itu mendapat apresiasi Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma yang disampaikan saat menghadiri diskusi umum yang dilaksanakan pemuda-pemudi setempat, Jumat (31/7) malam di Balai Desa Jorong Andaleh. 

Wabup Zuldafri menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan yang dilaksanakan pemuda Andaleh Baruah Bukik yang ikut memikirkan pembangunan nagari dan pengaruh gadget bagi generasi muda melalui diskusi umum. “Saya apresiasi dan berterimakasih kasih kepada pemuda nagari Andaleh Baruah Bukik menginisiasi kegiatan ini secara swadaya dan ikut membantu pemerintah daerah mencarikan solusi dalam menyikapi kemajuan teknologi seperti gadget. Mari bijak menggunakannya dan peran orang tua juga sangat penting,” ucap wabup. 

Pada kesempatan tersebut wabup mengharapkan, dengan dilaksanakan kegiatan itu bisa mencarikan solusi terbaik bagi generasi muda untuk bijak memanfaatkan kemajuan teknologi dan itupun dapat ditetapkan dalam bentuk peraturan nagari yang nantinya juga bisa diterapkan di nagari lain. 

Sementara itu Walinagari Andaleh Baruah Bukik, Albayani menyampaikan, diskusi umum itu murni digerakkan pemuda yang berada di kampung dan rantau. “Saya sampaikan ucapan terimakasih kepada pemuda yang telah menggagas kegiatan ini dengan melibatkan seluruh masyarakat untuk mendiskusikan kemajuan nagari ke depannya,” kata Albayani. 

Sebelumnya, ketua Pelaksana, Yenni Eliza mengatakan, diskusi umum itu dilaksanakan atas kesepakatan pemuda di kampung dan rantau dengan tujuan kemajuan Nagari Andaleh Baruah Bukik ke depannya. Lebih lanjut Yenni menyampaikan, kegiatan itu bertemakan “Bersinergi Membangun Negeri Menuju Generasi Berprestasi” dengan menghadirkan pemateri dari pemuda Nagari Andaleh Baruah Bukik sendiri, yakni Ustadz Aulia Rijal (tokoh agama), Brigadir Polisi Andiko Akbar dan Fandra Arisandi Andika Putra (Advokat) serta turut hadir Camat Sungayang Yatriwel. (nas)