24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bupati Gusmal Laksanakan Salat Idul Adha di Masjid Islamic Center Koto Baru

SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, melaksanakan Salat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Islamic Center Koto Baru, Kecamatan Kubung, Jumat (31/7). Tampak hadir pada kesempatan itu Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu, Sekretaris Daerah Aswirman, Kakan Kemenag Kabupaten Solok H. Alizar, Ketua TP-PKK Kab. Solok Ny. Desnadefi Gusmal, Asissten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD di lingkup Pemkab Solok dan masyarakat umum

Di samping itu kegiatan salat Idul Adha tersebut diselenggarakan PHBI Kabupaten Solok dan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, diatur dengan menjaga jarak saf. Jemaah diminta untuk dapat membawa sajadah sendiri dari rumah dan menggunakan masker. Bertindak sebagai khatib pada hari Raya Idul Adha di Masjid Isoamic center tersebut Kakan Kemenag Kabupaten Solok, H. Alizar. 

Pada pesannya, khatib menyampaikan khutbah berisi sejarah kurban, di mana Nabi Ibrahim rela mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail untuk disembelih sebagai wujud taat pada perintah Allah, SWT. “Tidaklah dikatakan beriman seseorang jikalau belum diuji Allah, SWT. Nabi Ibrahim AS, saking cinta dan taatnya kepada perintah Allah, mau mengorbankan putra yang disayangnya. Namun tidak sia-sia, ketika dengan ikhlas mau mengorbankan anaknya Ismail AS, maka Allah ganti dengan seekor domba,” sebut H. Alizar.

Sementara Bupati Solok H. Gusmal, mengucapkan selamat hari raya Idul  Adha 1441 H kepada seluruh jemaah dan masyarakat khususnya di Kabupaten Solok. “Saya mengimbau kepada seluruh jemaah agar tetap menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, cuci tangan dan menggunakan masker serta meminta kepada panitia penyelenggara kurban nantinya juga dapat menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai Covid-19,” sebut Bupati.

Bupati juga berharap, semoga wabah tersebut dapat cepat hilang dan dapat beraktifitas seperti biasa lagi. “Marilah kita jadikan kisah nabi Ibrahim AS dan putra beliau Nabi Ismail AS yang ikhlas dalan menjalankan perintah Allah,” ulasnya.

Selain itu, usai melakukan salat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Bupati menggelar open house sekaligus buka puasa bersama di rumah Dinas Sekretaris Daerah di Koto Baru. (wan)