18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pelaksanaan Kurban di Kota Bukittinggi Berjalan Aman dan Lancar

BUKITTINGGI, KP – Pelaksanaan kurban di Kota Bukittinggi yang pada umumnya dilaksanakan Sabtu (1/8) berjalan aman dan lancar. Semua warga kota yang berhak mendapatkan daging kurban dapat menikmatinya, karena pendistribusiannya juga berjalan lancar sesuai harapan bersama. Untuk memastikan pelaksanaan kurban berjalan aman dan lancar. Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias, mengunjungi dan menyaksikan langsung ke beberapa Masjid dan Musala serta tempat-tempat penyemblihan hewan kurban di Kota Bukittinggi, Sabtu (1/8).

Walikota Bukittinggi, H. Ramlan Nurmatias mengatakan, tahun ini terjadi penurunan jumlah hewan kurban di Bukittinggi, di mana tahun ini jumlah hewan kurban tercatat sebanyak 843 ekor sapi dan 23 ekor kambing. “Dari segi jumlah terjadi penurunan dari tahun lalu, tetapi tidak terlalu signifikan. Dan yang menggembirakan, saya selaku walikota, di masa Pandemi Covid-19 ini masih banyak masyarakat yang mampu dan ikhlas melakukan penyemblihan hewan kurban, karena memang ibadah kurban ini sarat dengan makna dan hikmah yang sangat terpuji untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ujar Wako.

Dikatakannya, sampai saat ini penyebaran Covid-19 belum berakhir dan kita juga belum tahu kapan berakhirnya. Namun kondisi itu tentunya tidak boleh menyurutkan langkah dan semangat spriritual kita sebagai muslim, bahkan harus bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut, yaitu kesabaran dan kepasrahan kepada Allah SWT. Kepada panitia pemotongan hewan kurban, Wako Ramlan berpesan untuk tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan pada saat pelaksanaan pemotongan dan pembagian daging hewan kurban. 

“Semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan, makin kecil peluang penyebaran virus corona dan sebelum dilakukan penyemblihan hewan kurban, panitia kurban harus melakukan pengecekan kelayakan hewan kurban melalui pemeriksaan dokter hewan terlebih dahulu, agar diketahui kondisi hewan benar-benar sehat dan dagingnya layak dikonsumsi. Dan dalam pembagian daging kurban nantinya hendaknya adil dan merata disalurkan dengan baik sehingga dapat dirasakan masyarakat kurang mampu,” ungkapnya.

Lokasi Penyembelihan Dibersihkan Damkar dan PDAM

Sementara itu, usai penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian daging kurban kepada masyarakat, lokasi penyembelihan hewan kurban yang berada di sekitar Masjid dan Musala langsung dibersihkan dengan bantuan Dinas Pemadam kebakaran dan PDAM Kota Bukittinggi.

Menurut Kabid Pengendalian Operasional Dinas Kebakaran Kota Bukittinggi Susilo, hingga Minggu (2/8) sudah 30 musala dan masjid yang telah dibersihkan Dinas Kebakaran Kota Bukittinggi. Dan apabila ada permintaan lagi pihaknya siap membersihkan. Sementara itu anggota PDAM Tirta Jam Gadang Bukittinggi juga melakukan pembersihan lokasi penyemblihan hewan kurban di Masjid Mubarak Stasiun Bukittinggi. (eds)