18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PILKADA LIMAPULUH KOTA 2020 Dua Pasang ‘Petarung’ Positif Naik Ring

LIMAPULUH KOTA, KP- Akhirnya, pertarungan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota untuk masa bakti 2020-2024 yang akan di gelar Desember 2020 mendatang, mulai menampakan titik terang.

Dua pasang ‘petarung’ bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota resmi mengumumkan pasangannya. Pertama yang mengumumkan pasangannya adalah Darman Sahladi -Maskar Datuak Pobo, siap naik ring setelah mengantongi tiket dari Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai syarat mutlak ikut berlaga pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Limapuluh Kota yang akan digelar Desember 2020 mendatang.

Dengan kekuatan 8 kursi di DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, seluruh jajaran pengurus, kader dan simpatisan Partai Demokrat dan PAN yang ada di daerah ini, akan berjibaku memberikan dukungan untuk pasangan Darman- Maskar agar terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota untuk masa bakti 2020-2024.

“Alhamdulillah, keputusan dari partai untuk maju Pilkada Limapuluh Kota sudah diterima dari DPP Demokrat dan DPP PAN,” ujar Darman Sahladi usai menerima keputusan dari Ketua Umum Partai Partai Demokrat Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) di kantor DPP Demokrat di Jakarta.

Darman Sahladi adalah Ketua DPC Demokrat Limapuluh Kota yang juga anggota DPRD Sumbar dua periode, 2014-2019 dan 2019-2024. Sedangkan wakilnya Maskar Datuak Pobo adalah Walinagari Sikabu-abu Tanjung Haro, Kecamatan Luhak, memilih mengundurkan diri karena maju Pilkada 2020 lewat jalur perseorangan.

Namun saat dilakukan verifikasi faktual, surat dukungan untuk Maskar Datuak Pobo berpasangan dengan Masri, ternyata tidak mencukupi, hingga akhirnya Maskar Datuak Pobo dipinang oleh Darman Sahladi dan resmi perpasangan diusung Partai Demokrat dan PAN.

Dalam waktu dekat Darman-Maskar akan menggelar deklarasi sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota.

“Dalam waktu dekat, kami akan deklarasi sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota. Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Limapuluh Kota,” ucap Darman Sahladi, putra terbaik Nagari Muaro Peti, Kecamatan Kapur IX itu.

TEKA-TEKI TERJAWAB

Akhirnya, teka-teki dengan siapa Muhammad Rahmad berpasangan maju sebagai calon Bupati Limapuluh Kota yang akan berlaga Desember 2020 mendatang, terjawab sudah.

Informasi yang terima langsung dari calon kuat Bupati Limapuluh kota asal Mudiak itu, disampaikan langsung oleh Muhammad Rahmad lewat pesan singkat WhatsApp yang diterima wartawan media ini, Sabtu siang (1/8/2020).

”Alhamdullilah, Muhammad Rahmad resmi berpasangan dengan Asyirwan Yunus maju Pilkada Limapuluh Kota 2020,” ujar Muhammad Rahmad.

Diakui Muhammad Rahmad, maju berpasangan dengan mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Asyirwan Yunus, diusung Partai Gerindra (6 kursi), Partai Hanura (4 kursi), Partai Kebangkitan Bangsa (2 kursi) dan Partai Nasdem (1 kursi).

“Dalam waktu dekat, Rahmad-Asyirwan bersama partai pengusung akan mengelar deklarasi di kabupaten Limapuluh Kota,” pungkas Muhammad Rahmad.

Dengan resminya Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus maju berpasangan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, berarti sudah 2 pasang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota yang telah ditetapkan partai politik sebagai pengsung dalam Pilkada Limapuluh Kota yang akan digelar Desember 2020 mendatang.

Baik pasangan Darman-Maskar maupun pasangan M.Rahmad-Asyirrwan Yunus yang sudah dapat tiket maju sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati, sama-sama mengaku siap memenangkan pertarungan Pilkada Limapuluh Kota yang akan digelar Desember 2020 mendatang.

Sementara itu Wakil Bupati incumbent Ferizal Ridwan yang memilih maju lewat jalur perseorang berpasangan dengan Nurkhalis, saat ini masih menunggu hasil verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Limapuluh Kota, setelah mengajukan perbaikan surat dukungan.

Lantas, bagaimana dengan bupati incumbent, Irfendi Arbi dan Safaruddin Datuak Bandaro Rajo yang berpeluang besar dipilih sebagai Bupati Limapuluh Kota untuk masa bakti 2020-2024, sejauh ini belum ada informasi resmi terkait ke dua tokoh itu. (dst)