18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Semangat Berbagi Pada Peringatan Idul Adha di Padangpanjang ‘Sangat Kental’

PADANGPANJANG, KP – Semangat gotong royong, berbagi dan menjalin ukhuwah, tergambar pada setiap peringatan Idul Adha. Yang mana Idul Adha merupakan refleksi keikhlasan Nabi Ibrahim mengorbankan sesuatu yang disayangi untuk ‘Sang Khalik’, serta kepedulian antar sesama. Di samping itu peringatan Idul Adha ditandai dengan penyembelihan hewan kurban. Daging kurbanpun dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Di Kota Padang Panjang, peringatan Idul Adha ke 1441 H sangat kental terasa. setelah menunaikan Salat Idul Adha, 

pada Jumat (31/7). Beberapa masjid melaksanakan penyembelihan hewan kurban hari itu juga. Namun beberapa masjid lainnya melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada Sabtu (1/8). Alasannya, lebih leluasa dengan waktu yang tidak berbenturan dengan jadwal Salat Jumat. seperti di Masjid Jami Nurul Huda, Kelurahan Silaing Bawah.

Sekretaris Panitia Kurban Masjid Nurul Huda, Dafri menyampaikan, sebanyak 19 ekor sapi kurban akan dibagikan untuk 1250 warga. “Alhamdulillah hari ini kita akan membagikan daging kurban kepada 1250 warga di RT 1 sampai RT 8 di Kelurahan Silaing Bawah,” ungkapnya.

Dafri berharap, Hari Raya Idul Adha dapat membawa kebahagiaan kepada masyarakat. “Semoga para peserta kurban diterima amalan kurbannya oleh Allah dan membawa berkah serta kebahagiaan untuk semua,” katanya.

Di kota berjuluk Serambi Mekah itu, sebanyak 528 ekor hewan kurban, yakni 520 ekor sapi dan 8 ekor kambing dibagikan kepada masyarakat. Sapi yang akan disembelih,  sebelumnya diperiksa kesehatannya oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padangpanjang. “Untuk hewan kurban yang telah kami periksa kemarin tidak ada mengidap penyakit maupun kelainan pada organ,” ungkap Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padangpanjang melalui Kabid Peternakan, Wahidin. (sup)