Hati Sapi Bercacing Dimusnahkan

PADANG, KP – Dinas Pertanian Kota Padang menemukan hati sapi bercacing pada saat penyembelihan hewan kurban di dua rumah ibadah di Padang, Jumat lalu (31/7). Hati sapi bercacing itu pun langsung dimusnahkan.

Kepala Dinas Pertanian Kota PadangSyahrial Kamat menyebut hati sapi bercacing itu ditemukan di dua rumah ibadah di kawasan Tarantang dan Ampang. Begitu ditemukan, hati yang tak layak konsumsi itu tidak dibagikan kepada warga dan langsung dimusnahkan.

Menurutnya hati bercacing itu setelah dilakukan pemeriksaan post morten kepada sapi. Diakuinya, terkadang kondisi fisik sapi tidak dapat menjadi pedoman bahwa hewan tersebut sehat. Sebab, terkadangfisiknya bagus tetapi organ di dalamnya tidak sehat. Begitu pula sebaliknya.

“Makanya harus dilakukan kedua prosedur pemeriksaan, sebelum disembelih dan setelah disembelih. Hal ini harus dilakukan oleh panitia kurban. Kepada masyarakat, setelah menerima daging kurban juga harus diperiksa kondisi daging yang diterima untuk memastikan tidak ada membawa penyakit,” sebutnya.

Syahrial mengatakanjika hati bercacing secara tidak sengaja diberikan kepada warga maka dikhawatirkan hati tersebut tidak matang ketika dimasak dan cacing tidak mati. Sehingga, telur cacing pita tersebut masuk ke tubuh manusia dan menyebabkan sakit. (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prajurit TNI Harus Jadi Contoh dalam Pengendalian Penyebaran Covid-19

Sen Agu 3 , 2020
PADANG, KP – Setiap prajurit Kodim 0312/Padang harus mampu menjadi contoh dalam pengendalian dan pencegahan penyebaran covid-19, salah satunya dengan mengendalikan semua anggota keluarga agar terhindar dari penularan covid-19. Hal itu dapat dilakukan dengan mematuhi aturan disiplin protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dengan benarmenggunakan air dan sabun, memakai masker, serta […]