19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PEMKAB LIMAPULUH KOTA BERDUKA Hj. Husnul Rais, Mantan Wartawati Dipanggil Sang Khalik

LIMAPULUH KOTA, KP – Mantan wartawati Harian Haluan Hj.Husnul Rais (52 tahun) meninggal dunia di RS Stroke (RSSN) Bukittinggi, Senin pagi (3/8) setelah menjalani perawatan selama sepuluh hari. Beliau dimakamkan di pandam perkuburan keluarga, jorong XII Kampuang, Nagari Sungai Kamuyang, Kecamatan Luhak, Senin siang (3/8).

Rasa haru dan isak tangis keluarga serta handai tolan mengiringi jazad almarhumah ke tempat peristirahatan terakhirnya. Sebelumnya, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi melepas keberangkatan almarhumah dan ikut menggotong keranda ke tempat pemakaman almarhumah.

Almarhum Husnul Rais sehari- hari merupakan seorang ASN di Kabupaten Limapuluh Kota. Pertama kali diangkat sebagai PNS ia ditempatkan di kantor IKD (Informasi Komunikasi dan Dokumentasi). Kemudian kantor itu berubah nama menjadi Kominfo. Terakhir, almarhumah menjabat sebagai Kasubid Bina Wawasan Kebangsaan pada OPD Badan Kesbang Linmas kabupaten Limapuluh Kota.

Almarhum yang meninggalkan seorang putri, Cece masih kelas I di SMP Islam Raudatul Jannah dikenal sebagai Bundo Kanduang yang sangat peduli dengan kaum. “Kami sangat kehilangan atas kepergian adik kami untuk selamanya,” kata A Dt Bagindo Said, kakak kandung almarhumah di rumah duka.

Sementara Afrizal Aziz yang pernah menjadi atasan almarhumah selama berkarir di kantor Kominfo mengakui, almarhumah merupakan seorang pegawai yang baik dan rajin. Hal yang sama juga diakui Erizon (Ambo Zon) rekan sekantornya ketika di Kominfo. Informasi yang diperoleh di rumah duka, almarhum pada awalnya pusing dan terjatuh hingga  pingsan ketika mengantarkan anaknya dengan sepeda motor ke SMP Islam Raudatul Jannah pada Sabtu (25/7).

Ia dilarikan ke rumah sakit untuk pemeriksaan dan perawatan dan sampai dioperasi pada bagian kepalanya. Hingga menghembuskan nafas terakhir di RS Stroke Bukittinggi, almarhumah masih belum sadar.

Sementara itu Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi menyebut, sangat kehilangan dan berduka cita atas kepergian sosok Husnul Rais yang selama ini dikenal berdedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota. “Saya dan keluarga besar Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota sangat berduka atas berpulangnya Husnul Rais. Setahu saya, almarhumah adalah sosok pekerja keras yang selama ini mengabdi dengan dedikasi dan loyalitas tinggi,” ujar Bupati Irfendi Arbi.

Tidak hanya sebagai abdi negara, ujar Bupati, almarhumah Husnul Rais juga dikenal pernah menekuni dunia jurnalistik beberapa tahun lalu. Daerah dan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota sangat terbantu oleh pemberitaan atau tulisan Husnul Rais waktu itu. “Saya kenal Husnul Rais bukan hanya sebagai seorang ASN, tapi juga seorang wartawati yang aktif menulis di Harian Haluan. Begitu juga ketika menjadi ASN di Humas, ia sangat aktif mengikuti berbagai kegiatan pemerintah daerah, membuat rilis atau berita pembangunan dan kegiatan pemerintah daerah,” papar bupati.

Dikatakan Bupati, kabar kepergian Husnul cukup mengejutkannya. Sebab, sebelumnya almarhumah terlihat sehat-sehat saja dan diketahui tidak mengalami keluhan penyakit. “Kita berdoa semoga almarhumah diterima Allah SWT di tempat terbaiknya, dan keluarga yang ditinggalkan agar tabah, iklas dan sabar menerima cobaan ini,” pungkasnya. (dst)