18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

RSUD Sijunjung Luncurkan 15 Poliklinik Berbasis Digital

SIJUNJUNG, KP – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung, meluncurkan 15 “poliklinik” inovasi layanan publik berbasis digital di ruang pertemuan lantai 3 rumah sakit setempat, Senin (3/8). Aplikasi rsudsijunjung.online layanan publik berbasis digital yang diluncurkan itu antara lain Poli MCU, Penyakit Dalam, Anak, Kebidanan, Bedah, Orthopedi, THT-KL, Mata, Paru, Saraf, Jiwa, Gigi, Rehabilitas Medik, Akupuntur dan Psikologi.


“Di samping itu RSUD juga memperkenalkan program baru berupa informasi dan konsultasi kesehatan berbasis media sosial yang dilaksanakan secara live,” kata Direktur RSUD Sijunjung, Dr.Diana Oktavia, saat peluncuran website rsudsijunjung.online di ruang pertemuan Lantai 3 rumah sakit daerah itu.


Disebutkan Dr Diana, peluncuran aplikasi tersebut merupakan strategi rumah sakit dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya melalui pemanfaatan teknologi dan informasi. Kemudian dia menjelaskan, rsudsijunjung.online merupakan aplikasi berbasis android yang dapat digunakan untuk pendaftaran online, di mana pasien bisa melakukan pendaftaran rawat jalan dan mendapat pemberitahuan waktu periksa.

lebih lanjut dia menjelaskan, melalui aplikasi rsudsijunjung.online pasien juga dapat melihat antrean rawat jalan, mengecek ketersediaan kamar, mengecek jadwal dokter, melihat obat yang telah diterima, hingga notifikasi obat selesai diproses, pengaduan dan lain-lain. “Karena kita mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kalau kanal-kanal itu terintegrasi, semuanya pelayanan akan lebih singkat,” terang wanita penuh dedikasi kerja tinggi itu.


“Untuk dapat memanfaatkan aplikasi rsudsijunjung.online, Rumah Sakit Umum Daerah Sijunjung, pasien dapat langsung membuka chrome atau buka di google rsudsijunjung.online,” paparnya.


Untuk diketahui, launching aplikasi itu langsung dilakukan oleh Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifi Dt Indo Marajo, di hadapan Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irwan (BSI) dan unsur Forkopimda lainnya. Sebelum launching, bupati juga sempat bercerita tentang prestasi kesehatan yang ditorehkan Pemkab Sijunjung. “Banyak prestasi yang telah diraih di bidang kesehatan dan alhamdulillah kita juga masuk TOP45 dalam pelayanan publik yang diraih MASPETTAG Puskesmas Tanjung Gadang,” ucap bupati di hadapan unsur rumah sakit dan para kepala puskesmas.


Bupati mengakui, di bawah kepemimpinan Dr. Diana Oktavia, RSUD Sijunjung mulai menggeliat. “Buk pipie (direktur-red) ini cukup ulet dan luar biasa dalam mengelola RSUD dan menghadapi masyarakat dalam pelayanan yang cukup berat. Pengabdian dokter juga luar biasa dan sangat diharapkan. Saya beri apresiasi atas pelayanan yang kian membaik. Dengan adanya rsudsijunjung.online diharapkan masyarakat bisa terlayani dan tak banyak lagi antrian. Ini salahsatu bentuk cara memutus mata rantai Covid-19,” jelas bupati peraih Leadershif Award itu.


Ditegaskan bupati, kesuksesan tak hanya tergantung pada direktur, tapi seluruh unsur harus terlibat, baik dokter maupun bagian struktural.


sementara Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irwan memuji pengelolaan RSUD Sijunjung. “Alhamdulillah, saya merasakan sendiri bahwa pelayanan RSUD Sijunjung kian membiak dibanding sebelumnya,” ucap wakil rakyat itu memberi apresiasi.

“Terus tingkatkan pepayanan sebaik mungkin,” tambahnya. (shd)