18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

7 Kapolres di Sumbar Diganti

PADANG, KP – Institusi Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Idham Azis kembali melakukan rotasi besar-besaran. Ada tujuh kapolda dan 58 kapolres serta 4 kapolrestabes yang dimutasi ke jabatan lain. Khusus di wilayah hukum Polda Sumbar ada satu direktur dan tujuh kapolres yang berganti jabatan.

Tujuh kapolres yang berhanti jabatan di Sumbar itu dari Polresta Padang hingga Payakumbuh.Mutasi itu tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/2248/VIII/KEP/2000dan ST/2250/VIII/KEP/2000 tanggal 3 Agustus 2020.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono membenarkan telegram mutasi tersebut.“Mutasi biasa untuk penyegaran organisasi,” kata Argo kepada wartawan, Selasa (4/8).

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto turut membenarkan mutasi tersebut. Dikatakannya, mutasi merupakan hal yang biasa dalam penyegaran di tubuh institusi Polri dan merupakan sebuah penghargaan pimpinan Polri kepada personel yang berprestasi dan berdedikasi dalam melaksanakan tugas.

“Juga merupakan bentuk pengembangan karir para personel Polri,” kata Satake dilansir langgam.id, Selasa (4/8). Ia mengungkapkan setelah surat telegram keluar akan segera dilakukan serah terima jabatan. Namun belum diketahui kapan dilangsungkannya serah terima jabatan terhadap satu pejabat utama dan tujuh kapolres itu. “Nanti dikabarkan,” ucapnya.

Dalam Telegram Kapolri itu disebutkanKapolresta Padang Kombes Yulmar Tri Himawan dimutasi ke Baintelkam Polri. Dia digantikan Kabagdalops Polda Sumbar AKBP Imran Amir.

Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso dimutasi sebagai Kasi Invidrek Subdit Jemenopsprek Ditkamsel Korlantas Polri. Dia akan digantikanAKBP Dody Prawiranegarayang sebelumnya menjabat Kapolres Kepulauan Mentawai.Posisi Kapolres Kepulauan Mentawai selanjutnya akan diiisi AKBP Mu’at yang sebelumnya menjabat di Korpolairud Baharkam Polri.

Kemudian Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval mendapat jabatan baru sebagai Kabag Binkar ROSDM Polda Sumbar. Dia digantikan AKBP Sri Wibowo yang sebelumnya menjadi Kapolres Limapuluh Kota.Posisi Kapolres Limapuluh Kota akan diisi AKBP Trisno Eko Santoso yang sebelumnya bertugas di Polda Kalimantan Barat.

Lalu Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya dirotasi menjadi Kabag Wassidik Ditreskrimum Polda Sumbar dan Kasubdit IV Ditintelkam Polda SumbarAKBP Dedi Nur Andriansyah ditunjuk sebagai Kapolres Pasaman yang baru.

Berikutnya Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan ditarik ke Bareskrim Polri sebagai Kasubbag Renmin Dittipidnarkoba Bareskrim Polri. Posisi yang ditinggalkan AKBP Dony akan diisi AKBP Alex Prawira SH SIK yang sebelumnya menjabat Koorspripim Polda Sumbar.

AKBP Imran Amir Jadi Kapolresta Padang

Tongkat komando Kapolresta Padang segera berganti dari Kombes Pol Yulmar Try Himawan ke AKBP Imran Amir berdasarkan surat telegram Kapolri Idham Aziz tertanggal 3 Agustus 2020 bernomor ST/2248/VIII/KEP/2020.

Kombes Yulmar dipindahtugaskan ke Analisis Utama Baintelkam Polri. Sementara AKBP Imranyang menjabat sebagai Kabagdalops Roops Polda Sumbardalam waktu dekat akan segera menduduki pucuk pimpinan kepolisian di wilayah hukum ibukota Sumbarini.

Sosok Imran tak asing lagi di Sumbar. Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Sijunjung dan Kapolres Dharmasraya.Ketika dipindahkan dari Kapolres Dharmasraya ke Polda Sumbar sebagai Kabagdalops Roops, jebolan Akpol 1998 ini mengaku bersyukur bisa bertugas di Kota Padang.Rasa syukur itu diucapkannya lantaran putra Minang kelahiran Padang, 2 Oktober 1976 inibisa bekerja sembari fokus merawat orangtuanya yang berada di Kota Padang. Hal itu disampaikan dalam pisah sambut yang berlangsung di Hotel Mercure Padang kala itu di hadapan Kapolda SumbarIrjen Pol Toni Harmanto.

Ketulusan dan pengabdian Alumni SMA 2 Padang ini kepada orang tuanya diapresiasi oleh seluruh tamu yang hadir ketika itu. Termasuk Kapoldayang mengaku bangga dengan Imran.(lgm)

TUJUH KAPOLDA DIGANTI

Institusi Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Idham Azis kembali melakukan rotasi besar-besaran. Terbaru, Selasa (4/8), ada tujuh kapolda dan 58 kapolres serta 4 kapolrestabes yang dimutasi ke jabatan lain.

Kapolda Kalimantan Timur Irjen Muktiono dimutasi menjadi Kadiv TIK Polri. Jabatan lamanya digantikan oleh Irjen Herry Rudolf Nahak, yang sebelumnya menjabat Asops Kapolri.

Kapolda Kalimantan Utara Irjen Indrajit dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Adapun posisi lamanya digantikan oleh Irjen Bambang Kristiyono yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Selanjutnya Kapolda Sulawesi Utara Irjen Royke Lumowa dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Posisi Kapolda Sulawesi Utara lalu digantikan oleh Irjen Panca Putra yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Mas Guntur Laupe diangkat menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Adapun penggantinya Irjen Merdisyam, yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Tenggara.

Kapolda Sulawesi Tenggara yang sebelumnya dijabat Irjen Merdisyam digantikan Wakapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Yan Sultra Indrajaya.

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Syafril Nursal dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Penggantinya adalah Brigjen Abdul Rakhman Baso, yang sebelumnya menjabat Wadankorbrimob Polri.

Terakhir, Kapolda Gorontalo Irjen M Adnas bergeser menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Adapun penggantinya Brigjen Akhmad Wiyagus yang sebelumnya menjabat Wakapolda Jawa Barat. (kcm/lgm)