28 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

ASN Dituntut Jadi Agen Pencegahan Covid-19

PADANG, KP – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Nanggalo diminta untuk menjadi contoh (role model) di tengah masyarakat, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid 19. Hal itu ditekankan Camat Nanggalo Fuji Astomi dalam amanatnya saat memimpin apel gabungan ASN Kecamatan Nanggalo, kemarin.

“Penerapan protokol kesehatan harus dimulai dari kita, sehingga dapat dicontoh dan diikuti oleh masyarakat. Ini merupakan bentuk edukasi langsung. ASN Nanggalo harus bisa jadi agen dalam mencegah dan menekan penyebaran covid-19,” ujarnya.

Tomi juga menambahkan Pemko Padang juga sudah mengeluarkan Perwako no 49 tahun 2020, yang mengatur tentang tatanan kehidupan normal baru (new normal) atau adaptasi kebiasaan baru yang sesuai protokol kesehatan.Perwako tersebut mengajak semua masyarakat untuk menaati aturan protokol kesehatan covid-19 seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, menjaga jarak, dan upaya-upaya meningkatkan imun tubuh.

Menurut Camat Tomi, protokol tersebut diterapkan di sekolah atau lembaga pendidikan, di tempat kerja industri, tempat ibadah, fasilitas umum, transportasi, saat melakukan perjalanan dinas atau bisnis, di rumah, serta saat berkegiatan sosial dan budaya.

Apel gabungan yang dilakukan dengan menerapkan sosial dan physical distancing ini diikuti oleh Kasi, Kasubag, Lurah, ASN diLingkungan Kecamatan Nanggalo serta Pendamping UMKM, TKSK dan PSM. (ip)