28 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Lestarikan Tradisi Turun Temurun, FKAN Pauh IX Kuranji Gelar Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif

PADANG, KP – Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif yang diadakan Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Nagari Pauh IX Kuranjimendapat apresiasi luar biasa dari Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit.Pasalnya, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk melestarikan tradisi baik seni budaya maupun produk UMKM yang turun-temurun agar tak hilang karena perubahan zaman.

“Kita amat bangga dengan Nagari Pauh IX. Di saat Kota Padang menuju kota metropolitan modern, namun anak nagari Pauh IX tetap merawat dan melestarikan adat budayanya dalam pagelaran seperti ini,” kata Wagub Nasrul Abit saat membuka Festival Ekonomi Kreatif Tahun 2020 di Medan Nan Bapenah KAN Kuranji, Senin malam (3/8).

Wagub mengatakan, meski digelar di tengah pandemi covid-19 yang masih merebak di Kota Padang, namun festival tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti setiap warga yang hadir harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan disediakan wadah untuk cuci tangan dengan sabun.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada anak nagari Kuranji, Ketua KAN, Ketua MPA serta seluruh ninik mamak, para pemuda/pemudi yang memang menjaga kelestarian adat dan budaya sebagai jati dirinya,” ujar wagub.

Sementara, Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Efi Yandri yang merupakan tokoh masyarakat Kuranji mengatakankegiatan itu digelar merupakan bentuk semangat untuk membangkitkan kesenian dan budaya sebagai benteng moral bagi anak nagari Pauh IX Kota Padang dalam menghadapi tantangan informasi global.

“Festival ini akan berlangsung dalam tiga bulan ke depan yang dilaksanakan setiap Sabtu malam minggu. Untuk pelaksanakannyakita tetap mengacu pada disiplin protokol kesehatan,” ujar Efi Yandri.

Ia juga menyampaikan rasa bangganya pada Nasrul Abit sebagai sosok pemimpin yang peduli akan keprihatinan rakyat. Pendidikan, pelayanan kesehatan, dan pembangunan daerah tertinggal serta perekonomian masyarakat selalu menjadi concern wagub setiap waktu.

“Itu sebuah tanda-tanda beliau amat serius memajukan berbagai sektor pembangunan daerah menuju Sumatera Barat unggul dan sejahtera. Semoga Nasrul Abit selalu sehat dan sukses dalam menjalankan amanah masyarakat Sumbar,” seru doa Evi Yandri.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Novrial mengatakan saat ini Sumbar mesti kembali produktif dengan inovasi dan kreativitas membangkitkan perekonomian daerah.

“Aktivitas pagelaran budaya ini merupakan salah satu upaya mengairahkan seni budaya anak nagari, sekaligus menampilkan produk UMKM, kuliner. Sehingga tercipta kesenian budaya terlestarikan, ekonomi masyarakat bergerak produktif,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua MPA PadangIrwan Basir Dt Rajo Alam turut menyampaikan apresiasinya kepada Wagub Nasrul Abit sebagai sosok pemimpin yang peduli pembangunan nagari dan daerah tertinggal. Bahkan, ujarnya, Nasrul Abit berani memasuki daerah konflik di Wamena, Papua,tahun 2019 silam dimana orang-orang Sumbar jadi korban.

“Pak Nasrul Abit datang sebagai satu-satunya pejabat yang datang secara langsung melihat masyarakat kita disana. Heboh orang se Indonesia, para perantau Wamena dipulangkan dan perantau lainnya bersatu beriyur membantu untuk sebuah pesan moral bahwa orang Minang punya hargadiri,” serunya. (ip/*)