14 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Musala H. Kaharudin RM Aur Duri Diresmikan

SOLOK, KP – Keluarga pemilik Rumah Makan Aur Duri Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, membangun musala megah untuk warga dan pengunjung rumah makan. Musala yang diberi nama H. Kaharudin itu, diresmikan Bupati Solok H. Gusmal diwakili Asisten II atau Askoor Eksbangkesra Medison, Sabtu (1/8). di samping itu musala tersebut digagas oleh pendiri rumah makan, yakni Almarhum H. Kaharudin. Sekarang bangunan itu dilanjutkan keluarga besar pemilik Rumah Makan Aur Duri, Sumani. 

Bupati Solok diwakili Askoor Eksbangkesra, Medison menyampaikan, atas nama pemerintah daerah Kabupaten Solok, pihaknya mengucapkan selamat kepada keluarga besar H. Kaharudin yang telah membangun musala H. Kaharudin sebagai tempat beribadah bagi para pengunjung rumah makan dan masyarakat sekitar. “Dengan adanya musala ini, akan membawa berkah bagi keluarga besar rumah makan Aur duri maupun bagi kita semua dan ini merupakan kebanggaan dan apresiasi bagi Pemkab Solok terhadap rumah makan Aur Duri ini,” tutur Medison.

Pihaknya berharap kepada rumah makan lainnya di kabupaten Solok agar melengkapi fasilitasnya dengan tempat ibadah. “Saya berpesan kepada pihak rumah makan untuk selalu beradaptasi dengan kebiasaan baru yang mewajibkan kita  untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” sebut Medison.


Sebelumnya, Rizaldi selaku perwakilan tuan rumah mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Solok diwakili Asisten 2 dalam peresmian Musala H.Kaharudin rumah makan Aur Duri, Nagari Sumani. “Kegiatan kita pada hari ini adalah peresmian pemakaian Musala Alm. H. Kaharudin yang mana beliau adalah pimpinan/pendiri dari rumah makan Aur Duri ini,” sebut Rizaldi.

Disebutkannya, tujuan dibangunnya musala tersebut adalah untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung rumah makan dan warga sekitar. Di mana pembangunan musala itu berawal dari keinginan Alm H. Kaharudin. Sedangkan pembangunanya sudah dimulai dari tahun lalu dan sudah selesai serta diresmikan pada hari ini (Sabtu-red).

Sementara Wali Nagari Sumani, Masri Bakar menyampaikan, pihaknya dari pemerintah Nagari Sumani sangat mendukung pembangunan Musala H. Kaharudin itu. Dia menyebutkan, jumlah tempat ibadah yang ada di nagari Sumani saat ini sebanyak 19 buah dengan rincian, yakni 14 Musala dan 5 Masjid. ‚ÄúDengan adanya musala ini dapat meningkatkan ibadah bagi para pengunjung maupun masyarakat sekitar. “Saya berharap pihak tuan rumah dapat menjaga kebersihan dan kenyamanan bagi pengunjung,” harapnya.

Selain itu tampak hadir pada kesempatan tersebut Camat X Koto Singkarak Sujamto Amrita, Wali Nagari Sumani H. Masri Bakar, Forkopimcam X Koto Singkarak, Keluarga Besar RM Aur Duri Sumani, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan tokoh masyarakat Sumani. (wan)