RIZA FALEPI: Pengelolaan IT MPP Payakumbuh Jadi Reverensi di Sumbar

PAYAKUMBUH,KP- Sebagai kota dengan pengelolaan jaringan internet yang sudah terintegrasi bagi seluruh perangkat daerah di Kota Payakumbuh, Walikota Payakumbuh Riza Falepi didapuk sebagai narasumber di BPK RI Perwakilan Sumbar tentang pemeriksaan pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui daring di Aula Randang, Selasa (4/8).

Walikota Riza Falepi menyampaikan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 95 Tahun 2018 Pemko Payakumbuh melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah melahirkan dan mengembangkan berbagai aplikasi untuk layanan internal Pemerintah seperti E-Kinerja, E-SPPD dan sebagainya.

“Contohnya saja, dengan adanya aplikasi e-Kinerja ini pembayaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang diberikan kepada ASN sesuai dengan kinerjanya tanpa ada kecurangan,” papar Riza Falepi.

Lebih lanjut Riza mengatakan, selain untuk internal pemerintahan Pemko Payakumbuh juga menghadirkan berbagai aplikasi untuk kemudahan layanan publik bagi masyarakat Kota Payakumbuh.

“Untuk diketahui, pengelolaan IT di Mall Pelayanan Publik Kota Payakumbuh kita menjadi reverensi di Sumbar,” ungkap Wako Riza Falepi.

Selain itu walikota yang bergelar Dt. Rajo Kaampek Suku tersebut mengatakan juga telah menciptakan aplikasi SIPADUKO untuk memudahkan masyarakat berobat ke Puskesmas, SAGOPAY untuk pembayaran PDAM, UDAKOPAY untuk update data Kota Payakumbuh dan lainnya.

“Sampai saat ini kita sudah mengembangkan 16 aplikasi sendiri, aplikasi pemerintah pusat dan pengembangan eksternal 27 aplikasi serta 27 website perangkat daerah,” ucapnya.

Sebagai daerah yang minim anggaran, Wako Riza Falepi mengatakan Pemko Payakumbuh sukses mengembangkan IT dengan tekat dan kemauan kuat untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan.

“Prinsipnya, pengembangan IT di Payakumbuh walaupun miskin anggaran tapi kaya fungsi,” pungkas Riza sambil tersenyum.(dho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkab Solsel Fasilitasi Penyelesaian Konflik Antara Masyarakat dengan Dua Perusahaan

Sel Agu 4 , 2020
PADANGARO, KP – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan turun tangan memediasi penyelesaian konflik masyarakat Nagari Abai dengan pihak PT. Binapratama Sakato Jaya (BPSJ), Senin (4/8). Sebelumnya, Pemkab Solsel juga telah menyelesaikan konflik masyarakat Nagari Bidar Alam dengan pihak PT. RAP. Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Hapison mengungkapkan, beberapa waktu lalu masyarakat Nagari Abai […]