20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Wartawan Diminta Ikut Pantau Kinerja Walinagari

SOLOK, KP – Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, meminta agar para awak media ikut memantau kerja para walinagari, supaya tidak sampai berurusan dengan pihak penegak hukum. “Saya berpesan kepada awak media, untuk ikut membantu dan memantau tugas para walinagari kita dalam pemanfaatan dana desa, agar mereka tidak sampai berurusan dengan pihak penegak hukum,” terang Wabup Yulfadri kepada beberapa orang awak media, usai wawancara dengan sebuah televisi swasta nasional, Senin (3/8) di kediaman rumah dinas Wabup Solok.

“Akibat keteledoran, beberapa waktu lalu ada beberapa orang Walinagari yang berurusan dengan pihak Inspektorat dan bahkan ada yang berurusan dengan pihak hukum karena tersangkut kasus penyalahgunaan dana desa. Jadi ke depan kita harapkan tidak ada lagi kasus serupa,” jelasnya.

Disebutkan Wabup, tingkat pendidikan dan SDM para walinagari yang tidak sama, jelas akan menjadi kendala bagi para walinagari, termasuk dalam penyusunan APB Nagari. Untuk itu Wabup meminta para Walinagari di Kabupaten Solok agar juga tidak alergi ke media. Serta memanfaatkan awak media untuk ajang diskusi tentang pemerintahan di Nagari.

Lebih lanjut Wabup yulfadri menjelaskan, dengan berkoordinasi dengan awak media yang mungkin lebih luas pengalamannya, maka diharapkan Walinagari akan bertambah wawasannya, terutama tentang masalah hukum dan pengalaman. “Saya optimis, dengan banyaknya kita berkoordinasi dan bertukar pikiran dengan rekan-rekan media, maka insyaallah pengetahuan kita akan bertambah dan terhindar dari segala penyelewengan yang tidak disadari,” pungkasnya. (wan)