21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

JELANG PEMBELAJARAN TATAP MUKA Santri dan Pengelola Ponpes Muhammadiyah Kauman Lakukan Tes Swab

PADANGPANJANG, KP – Tim Kesehatan dari Puskesmas Koto Katik Padangpanjangmelakukan tes swab atau disebut juga dengan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap santri, pembina asrama, serta petugas masak Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang, Selasa lalu (5/8).

Hal itu dilakukan untuk mendeteksi keberadaan virus corona pada warga pondok pesantren sebelum melakukan pembelajaran tatap muka dan berinteraksi dengan warga yang lainnyamengingat santri pondok pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Tes swab itu dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Koto KatikIrda Yuliadan turut dihadiri olehKasi Pendidikan Dinniyah Pondok Pesantren Kemenag Padangpanjang Editiawarman didampingi Derliana Mudir dari Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman.

Editiawarmanmengapresiasi kegiatan tes swab tersebut dan berharap semua hasilnya negatifsehingga bisa dilaksanakan pembelajaran tatap muka.

Proses pengambilan sampel swab terhadap semua santri dan pembina asrama serta juru masak yang berjalan lancar dan aman. Tidak ada hal yang menakutkan seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan orang tentang prosedur tes swab.Salah satu santri yang ikut tes swab Bintang Galaherang dari Kelas XI IPSmengungkapkan bahwa tes swab hanya sebentar dan tidak menyakitkan. (mas)