18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Lulus Universitas Al-Azhar Mesir, Dua Pelajar Solsel Butuh Bantuan Biaya

PADANG ARO, KP – Mimpi Azzahra Ammatullah (18 tahun) untuk menimba ilmu di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir, sudah di depan mata sejak dinyatakan lolos sebagai salah satu calon mahasiswa tahun 2020 ini.

Siswi asal Kampung Palak, Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan yang baru saja selesai menuntut ilmu di SMA IT Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh itu lolos tes jalur mandiri dengan menyisihkan ratusan peserta lainnya.

Namun, di tengah rasa haru dan bahagianya, ia kini sedang dilanda kebingungan karena ketiadaan biaya. Saat ini ia sedang berusaha menemui berbagai pihak agar cita-cita untuk menimba ilmu ke Universitas Al-Azhar Kairo Mesir bisa terwujud yang rencananya dimulai Bulan November mendatang.

Didampingi ibunda tercintanya Ismarni Ismael, Azzahra datang menemui Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman di ruangan kerjanya, Selasa lalu (4/8). Kedatangan mereka berdua untuk menyampaikan permohonannya agar dibantu mencarikan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi.

“Tolong bantu kami mencarikan solusi biaya untuk Azzahra pak. Cita-citanya dari dulu ingin sekali mendalami agama di Al-Azhar,” ujar Ismarni kepada Plt. Bupati Abdul Rahman di ruangan kerjanya.

Mereka berdua sengaja menemui Plt. Bupati dan berharap ada solusi biaya yang dibutuhkan untuk berangkat ke Mesir. Dalam proposalnya terlihat biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 60 Juta-an, yakni untuk biaya keberangkatan, flat (pemondokan), kitab-kitab pembelajaran, serta biaya hidup di Mesir.Azzahra berharapada dermawan dan pihak lain yang tergerak hatinya untuk membantu kesulitannya saat ini.

“Semoga Allah mengabulkan mimpi zahra untuk bisa berangkat ke Mesir tahun ini,” ujarnya penuh harap.

Sementara, Plt Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengatakan bahwa pemkab berusaha mencarikan solusinya bersama OPD terkait serta pihak lainnya.Sebelumnya menurut Abdul Rahman, satu putri terbaik Solsel lainnyaHanifah Nabila Muhammad yang beralamat di Mudiak Lawe Sungai Pagu juga telah menemuinya. Nabila yang merupakan satu alumni dengan Azzahra tersebut juga terkendala biaya untuk berangkat ke Al-Azhar Mesir.

“Ini putri-putri terbaik kita. Insya Allah kita coba upayakan bantuan dari berbagai pihak untuk membantu cita-cita mulia mereka,” ucapnya. (bus/*)