19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Selamatkan Aset Tanah, Pemkab dan BPN Tandatangani PKS

PARITMALINTANG, KP – Pemerintah Kabupaten Padangpariaman menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) dengan Kantor Badan Pertanahan (BPN) setempat tentang pensertifikatan tanah, penanganan permasalahan aset tanah dan pengintegrasian data pertanahan dengan perpajakan daerah, Rabu (5/8) di Parit Malintang.

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni mengatakan, dengan telah ditandatanganinya perjanjian ini diharapkan segala urusan tentang pensertifikatan tanah di Kabupaten Padangpariaman dapat berjalan lancar.

Dijelaskannya, maksud dari perjanjian ini adalah untuk melaksanakan pensertifikatantanah aset Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, melakukan penanganan permasalahan aset tanah milik Pemerintah Kabupaten Padangpariaman serta mengintegrasikan data pertanahan berupa informasi Zona Nilai Tanah (ZNT), Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

“Pemkab Padangpariaman mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat atas perjanijan ini terutama kepada pihak Kantor Pertanahan yang bersedia memfasilitasi dalam urusan pensertifikatan tanah serta penanganan permasalahan aset. Semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar sesuai apa yang dicita-citakan,”ujarnya.

Sambungnya, perjanjian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan aset tanah Pemkab Padangpariaman, sehingga adanya kepastian hukum dan perlindungan hukum atas kepemilikan aset tanah milik pemkab serta percepatan pelayanan dan pemutakhiran data antara pemkab dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Padangpariaman.

Perjanjian tersebut ditandangani Bupati PadangpariamanAli Mukhni selaku perwakilan Pemkab Padangpariaman selaku pihak pertama dan Gatot Teja Pratama, A.Ptnh, MM selaku perwakilan dari Kantor Pertanahan Kabupaten Padangpariaman sebagai pihak kedua.(war)