28 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bupati Gusmal Sambut Kunker Staf Menko Polhukam RI

SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, menerima kunjungan kerja (kunker) Staf Menko Polhukam RI di Guest House Arosuka, Rabu (5/8).Tampak hadir pada acara tersebut Asisten Koor Bid Ekbangkesra Medison, Kepala SKPD Pemerintah Daerah Kabupaten Solok. Sementara turut hadir dari rombongan Menko Polhukam RI, antara lain Staf Menko Polhukam, yakni Kabid Dokhan 1/IV Hanneg, Kolonel Inf Suteikno Suleman, Analisis Polhukam Domaeld Putra, Staf Kedeputian Bidkoor Hanneg, Sheila Wulandari dan lainnya.

Bupati Solok H. Gusmal, dalam sambutannya mengekspos terkait profil dan potensi yang ada di daerah Kabupaten Solok. Dalam melaksanakan penanggulangan penyebaran Covid-19, Pemerintah daerah sudah melakukan semua perintah dan arahan dari pemerintah pusat. “Seluruh unsur dan stakeholder juga selalu ikut berpartisipasi dalam proses penanggulangan Covid-19,” sebutnya.

Bupati juga menyampaikan, di Kabupaten Solok untuk ketahanan pangan sampai saat ini masih memadai. Kemudian setelah memasuki fase pola kehidupan baru atau new normal, seluruh masyarakat sudah dianjurkan untuk kembali produktif demi menjaga kesejahteraan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan dalam penanggulangan, masih ada beberapa kendala yang dihadapi. “Maka dari itu kita berharap perwakilan pemerintah pusat dapat menyampaikan ke pemerintah pusat terkait solusi dalam menyelesaikan kendala yang ada,” harap Bupati.

Sementara Kabid Dokhan 1/IV Hanneg, Kolonel Inf. Suteikno Suleman menyampaikan, kunjungan kerja itu dalam rangka rapat koordinasi dengan Bupati serta seluruh unsur pemerintah daerah Kabupaten Solok dan forkopimda dengan pokok bahasan tentang peran dan upaya pemerintah daerah dalam mengelola sumber daya nasional (SDM, SDA/SDB, Sarprasi). Potensi wilayah yang dimiliki guna menangani pandemi Covid-19 dan dampaknya agar kondisi daerah dan ketahanan wilayah tetap stabil dan terjaga dengan baik, serta saran dan masukan untuk perbaikan ke depan.

“Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu langkah pemerintah pusat dalam mengusut perkembangan penanggulangan dan penanganan covid-19 di wilayah Sumbar dengan mengambil sampel di Kabupaten Solok,” sebut Kolonel Inf. Suteikno Suleman.

Sebab menurutnya, Provinsi Sumbar merupakan salah satu dari lima provinsi yang penanganan Covid-19 nya dinillai cukup berhasil dan efektif oleh Presiden RI. “Pelaksanaan penanggulangan pandemi ini juga selalu dimonitor sejak awal oleh pemerintah pusat. Dan Pemerintah pusat juga berharap nantinya Provinsi Sumbar menjadi rujukan nasional bagi daerah lain dalam menanggulangi pandemi covid-19,” tambahnya. 

Kemudian lanjutnya, Kabupaten Solok juga dinilai memiliki potensi pangan cukup baik dalam mengantisipasi kekurangan pangan saat masa pandemi. Selain itu, usai mendengarkan sambutan dari Bupati dan  Kabid Dokhan 1/IV Hanneg, kegiatan juga dilanjutkan dengan presentasi oleh Asisten Koor Bidang Ekbangkesra terkait usaha yang telah dilakukan pemerintah daerah dalam menanggulangi Covid-19 di Kabupaten Solok khususnya. (wan)