18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Setiap Bangunan Wajib Miliki Amdal Lalin

PADANG, KP – Kabid Lalulintas Dinas Perhubungan Kota Padang, Ludi Anwar, mengatakanmasyarakat yang akan membangun harus mengajukan permohonan terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Lalu Lintas (Amdal Lalin).

Menurutnya, saat pertemuan dengan sejumlah OPD terkait pada Selasa lalu (4/8), ditegaskan bahwa tanpa Amdal Lalin maka masyarakat tidak akan bisa untuk mengurus Izin Mendirikan Bangunan(IMB).

“Permohonan masyarakat itu akan kita pelajari, nantinya jika dibutuhkan maka kita akan menurunkan tim survey ke lokasi tersebut,” ujar Ludi didampingi Kabid Keselamatan dan Operasional Chandra Eka Putra.

Ludi menjelaskan sebuah permohonan dapat ditolak atau tidak disetujui jika tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, seperti tidak memikiki lahan parkir atau mengganggu kelancaran arus lalu lintas.Izin sebuah bangunan, menurutnya, juga bisa dicabut seandainya nanti penggunaannya juga tidak sesuai peraturan maupun tidak sesuai peruntukan.

“Aturan terkait Amdal Lalin dapat dilihat pada UU no 22 tahun 2009, Peraturan Mentri no 75 tahun 20150, PP no 33 tahun 2011 serta Perwako no 49 tahun 2018,” imbuhnya.

Pemaparan terkait Amdal Lalin itu dihadiri oleh perwakilan OPD terkait seperti Satpol PP, Dinas PUPR, BPMPTSP, Kepilisian dan dari Dishub sendiri. (ip)