ANGKAT JUDUL “TAU JALAN NAN AMPEK” Disertasi Kepala Bappeda Tanahdatar Diharap Dapat Diterapkan di Dunia Pendidikan

admin

BATUSANGKAR, KP – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanahdatar Alfian Jamrah, mengikuti ujian tertutup disertasi program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang (UNP) bidang studi ilmu pendidikan, di ruangan pasca sarjana universitas setempat, via video coference, Kamis (6/8).

Dalam disertasi tertutup, Alfian Jamrah memaparkan hasil penelitiannya di depan panitia ujian dengan judul “Pengembangan model pembelajaran karakter nilai-nilai kearifan lokal “Tau jalan nan ampek” di sekolah menengah tingkat atas di Kota Batusangkar.

Dalam ujian disertasi yang berlangsung selama 2.5 jam itu, Alfian mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan 9 orang profesor dari UNP dan Unand. Kesembilan profesor itu yakni Prof Ganefri, Prof. Yenni Rozimela, Prof. Ahmad Fauzan, Prof. Atmazaki, Prof. Dr Sufyarma Matsidin, Prof. Azwar Ananda, Afriva Khaidir, MAPA, Ph.D, Prof. Harris Effendi Thahar, Prof. Agustina, dan Prof. Dr rer.soz Nursyiwan Effendi.

Kepada KORAN PADANG, Alfian Jamrah di ruang kerjanya, Jumat (7/8), mengatakan memilih judul itu karena Minangkabau punya banyak ajaran karakter dan salah satunya “Tau Jo Nan Ampek”. “Tanahdatar sebagai Luak Nan Tuo, maka hendaknya lahir dari sini,” ungkapnya.

Dia juga berharap dari hasil penelitian itu bisa mengintegrasikan kearifan lokal Minangkabau “Tau Jalan Nan Ampek” ke dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. “Hasil penelitian ini hendaknya bisa diterapkan di tingkat SMA, MA, dan SMK,” pintanya. 

Sementara Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi melalui telpon selulernya mengatakan, pemerintah daerah memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Alfian Jamrah atas prestasinya meraih gelar Doktor di tengah-tengah kesibukannya.

“Kami yakin perlu perjuangan yang sangat keras untuk mencapainya. Jelas Disertasi “Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Nilai-nilai Kearifan Lokal ‘Tau Jalan Nan Ampek’ di Sekolah Menengah Tingkat Atas Kota Batusangkar”, sangat aktual saat ini dan sangat strategis di tengah kepungan budaya luar dan terpaan perkembangan teknologi yang sangat gencar,” katanya.

Disebutkan bupati, semoga hasil penelitian Alfian Jamrah dapat diterapkan di dunia pendidikan Tanahdatar. “Kita merasa bangga dan syukur. Ini merupakan raihan tertinggi ASN Tanahdatar pada masa 5 tahun terakhir, Selamat DR. Alfian Jamrah M.Si,” pungkasnya. (nas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Musala SMPN 1 Enam Lingkung Diresmikan

PARITMALINTANG, KP – Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, meresmikan pembangunan Musala SMP N 1 Enam Lingkung, Kamis (6/8). Ketua panitia pembangunan musala, Arjon mengatakan, tujuan utama dari pembangunan itu adalah secara spontanitas dengan niat baik dan ikhlas. “kita ingin masyarakat dan pihak sekolah dapat menggunakan musala ini sebagai tempat ibadah […]