18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

I Partenopei Dihantui Rekor Buruk

BARCELONA, KP – Laga Barcelona vs Napoli pada leg II babak 16-besar Liga Champions, Minggu dinihari WIB (9/8), menjanjikan pertarungan seru. Hasil imbang 1-1 pada leg I membuat kedua klub memiliki peluang sama besar untuk melangkah ke perempat final.

Akan tetapi, menilik catatan sejarah, laga di Camp Nou nanti adalah misi berat bagi I Partenopei. Bukan apa-apa, mereka tak punya catatan apik saat melawan wakil Spanyol. Tiga lawatan terakhir ke Negeri Matador malah selalu berbuah kekalahan.

Hal itu semakin dipersulit oleh rekor apik El Barca di kandang sendiri pada pentas Liga Champions. Sejak dihajar Bayer Munich 0-3 pada semifinal musim 2012-2013, raksasa Catalunya itu tak pernah lagi menelan kekalahan di kandang sendiri. Dalam 35 laga beruntun, mereka membukukan 31 kemenangan dan hanya empat kali imbang tanpa menelan sekalipun kekalahan.

Dari klasemen akhir masing-masing liga domestik, Barca berada di posisi dua sedangkan Napoli bercokol di peringkat 7.

Meskipun demikian, peluang I Partenopei membuat kejutan tetap terbuka. Permainan El Barca musim ini fluktuatif. Mereka juga tak sesolid musim-musim sebelumnya. Sudah begitu, Arturo Vidal dan Sergio Busquets harus absen karena menjalani skors.

Dari sisi produktivitas memasukkan gol ke gawang lawan, khususnya di ajang Liga Champions musim ini, Napoli boleh berbangga diri. Anak asuh Gennaro Gattuso telah menorehkan 12 gol berbanding 10 gol milik Barcelona. Perbandingan kedua tim pun akan terbukti pada laga nanti. Jika melihat serangkaian hasil yang diraih, Barcelona berpeluang besar lolos ke babak 8 besar.

Meski di tengah desas-desus kepergian sang mega bintang Lionel Messi dari Camp Nou, konsentrasi sang pemain asal Argentina tersebut diperkirakan bakal tetap fokus bersama Barcelona. Presiden klub, Josep Maria Bartomeu, mengklaim sang pemain menginginkan ingin mengakhiri karier di Barca.

“Messi yang berkata sendiri bahwa ia ingin mengakhiri karier profesional di Barcelona, satu-satunya klub untuknya. Saya tidak ragu, ketika ia menyelesaikan karier dalam 3-4 tahun, pasti hal itu terjadi di sini, di Barcelona,” katanya.

Di lain pihak, Napoli juga mendapatkan kabar baik jelang pertandingan. Sempat diisukan tak bisa bermain pada laga penting vs Barcelona, Lorenzo Insigne, penyerang sekaligus kapten tim diperkirakan bisa tampil meski kemungkinan dari bangku cadangan.

Yang lolos dari partai ini akan berhadapan dengan Bayern Munchen atau Chelsea di perempat final. Siapakah yang akan melenggang?

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alba, Lenglet, Pique, Semedo; Rakitic, de Jong, Roberto; Griezmann, Suarez, Messi.

Pelatih: Quique Setien.

Info skuad: Sergio Busquets (skorsing), Arturo Vidal (skorsing), Martin Braithwaite (ineligible), Ousmane Dembele (cedera), Samuel Umtiti (meragukan).

Napoli (4-3-3): Ospina; Rui, Koulibaly, Manolas, Di Lorenzo; Zielinski, Demme, Fabian Ruiz; Elmas, Mertens, Callejon.

Pelatih: Gennaro Gattuso.

Info skuad: Victor Osimhen (ineligible), Nikola Maksimovic (cedera), Lorenzo Insigne (meragukan). (ak/*)