18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

LPM Pasar Usang Inisiasi Recovery Ekonomi Pasca Covid-19 dengan Program ‘Petir’

PADANGPANJANG, KP – Guna membantu Pemerintah Daerah dalam hal recovery ekonomi pasca Pandemi Covid-19. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pasar Usang membuat sebuah gerakan yang diberi nama dengan gerakan petir.

“Program petir ini dilahirkan dari cikal bakal pertemuan kami dengan seluruh tokoh masyarakat, elemen masyarakat, dari para perantau baik dalam maupun luar negeri. Jadi program petir ini lahir untuk meringankan beban masyarakat kelurahan Pasar Usang pasca Pandemi Covid-19, khususnya dalam bidang pendidikan. Di mana petir adalah singkatan dari Program Peduli Pendidikan dan Prestasi di Kelurahan,” Kata Lurah Pasar Usang Romi Ar Rahman, saat melakukan pertemuan dengan Walikota Padangpanjang di Balaikota, Kamis (6/8).

Dijelaskannya, program petir nantinya akan membantu masyarakat Pasar Usang dalam bidang pendidikan yang diacukan kepada Sekolah Dasar. “Jadi recovery ekonomi yang kita lakukan adalah dengan cara meringankan beban orang tua, di mana setiap anak sekolah itu wajib untuk dibantu jika mereka tidak mampu dan tidak ada istilahnya lagi putus sekolah,” jelasnya.

Ditambahkannya, bantuan yang akan diberikan nanti yaitu berupa kebutuhan sekolah seperti sepatu, buku, baju, tas dengan total Rp. 300.000 dari donatur tunggal yang berasal dari Padangpanjang. Jika seandainya masih ada sisa dari jumlah 300 itu maka akan diberikan cash kepada orang tua anak yang dibantu tadi.

“Alhamdulillah pak wali memberikan respon positif dan bagus, beliau juga mendukung dan mensupport 100 persen dalam kegiatan petir Ini. Alhamdulillah beliau mungkin hadir di launching kegiatan petir kita, Insyaallah kita akan laksanakan di bulan September,” tambahnya.

Sementara Walikota Padangpanjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, sangat mengapresiasi program recovery ekonomi melalui bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan yang sudah diinisiasi LPM Pasar usang itu. “Tentunya ini program yang patut ditiru untuk LPM ataupun kelompok masyarakat yang ada di Kota Padangpanjang, sehingga betul-betul bisa berkontribusi langsung pasca covid ini melalui recovery ekonomi sosial ataupun hal-hal yang meringankan beban masyarakat kita, “ucapnya.

Menurutnya, hal seperti itu bisa menjadi sebuah contoh bagi LPM maupun organisasi kemasyarakatan se-Kota Padangpanjang dan tentunya hal-hal seperti itu juga sangat dibutuhkan. Karena sinergitas antara Pemerintah dan kelompok masyarakat tentunya akan meringankan kerja kita apalagi di masa-masa sulit seperti ini. (sup)