Mahasiswa IPB Gelar Sosialisasi Budidaya Ikan di Ulak Karang Utara

PADANG, KP – Sembilan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan sosialisasi manfaat dan cara budidaya ikan sederhana di Kelurahan Ulak Karang Utara,Kecamatan Padang Utara. Sosialisasi itu dihadiri oleh sejumlah anggota PKK dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Kegiatan yang diadakan Selasa lalu itu (4/8) diawali dengan pemaparan manfaat konsumsi ikanbagi kesehatan, terutama kandungan omega-3 dan omega-6yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai salah satu bentuk budidaya ikan sederhana yaitu budidaya ikan dalam ember (budikdamber) yang mengabungkan budidaya ikan lele dan sayur kangkung.

Mahasiswa IPBThouriqul Ihsan mengatakan budikdamber merupakan solusi alternatif yang dapat membantu meningkatkan ketersediaan pangan dalam rumah tangga dengan sumberdaya terbatas.

Sementara, Ketua PKK Kelurahan Ulak Karang UtaraYesita Djamalmengatakan kegiatan yang diselenggarakan tersebut menambah pengetahuan masyarakat tentang ikan secara lebih mendalam hingga tatacara budidaya ikan secara pribadi dengan cara yang mudah.

“Kegiatan seperti ini mampu menimbulkan ruang untuk saling belajar antara mahasiswa dengan Ibu PKK sehingga ilmu yang didapatkan akan lebih banyak dan bermanfaat,”kata Yesita.

Kegiatan diakhiri dengan serah terima percontohan budikdamber kepada PKK untuk kemudian dijadikan percontohan bagi masyarakat sekitar. Masyarakat berharap bahwa kegiatan ini dapat berkelanjutan dan menjadi solusi dalam menghadapi pandemi saat ini. (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sekda Kota Solok Lepas Peserta Jumat Bersepeda

Jum Agu 7 , 2020
SOLOK, KP – Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful, melepas peserta Jumat Bersepeda, di Halaman Balaikota Solok, Jumat (7/8). Adapun peserta Jumat Bersepeda tersebut, yakni merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Solok, instansi vertikal, serta BUMN dan BUMD se-Kota Solok. Dalam sambutannya, Sekda Syaiful mengatakan, kegiatan itu merupakan implementasi […]