19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Airi Area Persawahan, Nagari Kumango Butuh Embung Mini

BATUSANGKAR, KP – Pemerintahan Nagari (Pemnag) Kumango, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanahdatarsangat mengharapkan bantuan dari Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumbar untuk pembangunan embung mini diwilayahnya.

Hal itu dikemukan Wali Nagari Kumango, Iis Zamora Putradihadapan anggota Komisi I DPRD Sumbar saat kunjungan kerja (kunker) kenagarinya, kemarin.

“Kami sangat mengharapkan bantuan Pemprov untuk membantu irigasi Kapalo Koto, bentuknya seperti embung mini dengan biaya sekitar Rp1 miliar,” ujarnya.

Menurut Iis Zamora, irigasi Kapalo Koto ini sangat diperlukan untuk mengairi areal sekitar 45 hektar sawah masyarakat.

“Sudah 15 tahun sawah diareal itu tidak bisa bertanam padi. Kalau pun dipaksakan hanya bertanam padi dengan sistem tadah hujan,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sumbar, Ustadz Irsyad Syafarlangsung menanggapi positif aspirasi Wali Nagari Iis Zamora. “Kami akan sampaikan kepada teman-teman anggota DPRD Sumbar dari Dapil 6 ini. Mudah – mudahan dapat diakomodir melalui program pokok pikiran DPRD. Biaya Rp1 miliar itu tidak lah terlalu besar,” kata Irsyad Syafar.

Dukungan untuk irigasi Kapalo Koto ini juga disampaikan Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Syamsul Bahri dan Zafri Deson. Keduanya sepakat akan menyampaikan kepada komisi yang membidangi infrastruktur di DPRD, sehingga harapan masyarakat Nagari Kumango dapat diwujudkan.

“Kalau sawah masyarakat dapat ditanami padi tentu akan menambah pendapatan dan mendukung program ketahanan pangan,” pungkas Zarfi Deson, politisi Partai Golkar ini.

Rombongan Komisi 1 DPRD Sumbar yang berkunjung ke Tanah Datar adalah Syamsul Bahri, SH (PDIP/Ketua Komisi), H. Muhammad Nurnas (Demokrat/Sekretaris Komisi), Zafri Deson (Golkar), Bakri Bakar (Nasdem) dan Muhammad Ridwan (PKS), beserta pendamping Kadis PMD Sumbar H. Syafrizal Ucokbeserta Sekretaris Drs. Armen, dan Korprov Pendamping Dana Desa Feri Irawan. (nas)