18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Tim Seni Singo Barantai Beraksi di Medan Bapaneh KAN Pauh IX

PADANG, KP- Hari ketiga Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif (PKPEK) 2020 menampilkan seni tradisi yang dibawakan Perguruan Pencak Silat dan Seni (PPS) Singo Barantai di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji, Sabtu malam (8/8).

PPS Singo Barantai yang berasal dari Lubuk Lintah Pauh IX Kuranji menampilkan tari bersuka ria, tari payung, tari piring, musik tradisi, dan silat. Untuk diketahui Tim Singo Barantai pernah melanglang buana ke luar negeri. Tim seni ini dipimpin Zulhendri Ismed Rj Bungsu pada era 1950-an. Sempat vakum beberapa lama, perguruan dan seni digiatkan kembali sejak tahun 1998 silam.

Pada kesempatan itu, pengurus KAN Pauh IX Kuranji Edijon Dt Rj Perak mengapresiasianak nagari Pauh IX Kuranji yang peduli dengan upaya pelestarian sendi tradisi Minangkabau.

“Terima kasih kepada anak nagari Pauh IX yang tergabung dalam Forum Komunikasi (FKAN) Pauh IX Kuranji,” ujar Edijon.

Menurutnya, kegiatan pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif (PKPEK) 2020 ini sangat berarti sekali bagi pelaku seni yang ada di Kota Padang, terutama dalam mendukung ekonomi para seniman yang juga terdampak oleh pandemi covid-19. (bsc)